Thursday, May 17, 2012

The Avengers Box Office

Saat ini film The Avengers berada di posisi ke-9 dengan pendapatan kotor 1,036 miliar dolar AS, peringkat satu masih dipegang oleh film Avatar dengan pendapatan di seluruh dunia 2,782.3 miliar dolar AS Sumber: boxofficemojo.com.
 

Angka yang fantastis untuk film yang diangkat dari cerita komik, film adaptasi komik Marvel lainnya yaitu Spider-Man 3 berada diperingkat ke-23 dengan pendapatan di seluruh dunia 890 juta dolar AS.
 

Klo boleh berasumsi, sepertinya Spider-Man lebih populer dari The Avengers, bahkan penjualan komik Spider-Man di AS sana cukup laris yakni sekitar 97.959 eksemplar! Pencapaian yang luar biasa dari satu tokoh fiktif, walaupun faktanya film Spider-Man 3 berada di posisi ke-23 jauh di bawah The Avengers. 

Butuh sekumpulan superhero untuk mencapai posisi sembilan besar box office, jadi ingat pepatah "Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh" nyatanya memang demikian, apabila kita ambil asumsi film Hulk yang telah dibuat dua kali untuk memenuhi selera pasar/"fans" tetap saja gak bisa mendobrak rekor box office.



Begitu juga dengan Iron man, Captain America, dan Thor. Masing-masing gagal memenuhi ekspektasi dalam hal pendapatan. Padahal superhero yang dibuat filmnya termasuk Superhero kelas A.

Banyak faktor yang mempengaruhi pendapatan suatu film, gabungan aktor populer dan tokoh komik populer gak menjamin film tsb sukses (mendapatkan keuntungan yang besar).

Menggabungkan beberapa superhero dalam satu film bisa jadi trik pemasaran yang OK! Dengan teknologi perfilman sekarang segala hal fantastis yang hanya bisa dilihat di komik, bisa kita saksikan lewat media film, tinggal cara meramunya saja.

Marvel berani mengambil resiko dengan membuat film genre superhero dengan cara yang berbeda dari sekadar "one man one show" ke pertunjukan hebat yang terdiri dari sekumpulan pahlawan super! Bukan hal baru, masalahnya sekarang siapa yang duluan dan berani resiko saja....

Tulisan sotoy ini ditulis setelah nonton film Matrix semalam....IMHO Film pertamanya okey banget...Tanpa diikuti sequelnya pun film tsb tetap okei...Mudah-mudahan sequel The Avengers nanti bisa lebih sukses dari sebelumnya, bisa memenuhi ekspektasi penonton/fans, dan bisa menembus rekor Avatar :))....Ya... minimal bisa melewati film arahan Michael Bay Transfromers: Dark of the Moon yang menduduki peringkat ke-3 Box Office.
..*Halah*

Bye bye Bay....

Wew....Setelah lihat update peringkat Box office di boxofficemojo.com ternyata Avengers dah mampu menyusul Dark of the Moon dengan penghasilan sejauh ini 1.309 miliar dolar AS. Saat ini Avengers berada di posisi empat satu tingkat di atas Dark of the Moon, di bawah Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2.

Update lageee....Avengers kini berada di peringkat ke-3 dalam Box Office dengan penghasilan 1.419,9 miliar dolar AS di seluruh dunia, peringkat satu masih dipegang Avatar dengan penghasilan 2.782 miliar dilar AS, sedangkat peringkat 2 dipegang oleh Titanic dengan penghasilan 2.185 miliar dolar AS.

Apakah tim superhero ini mampu menyusul Titanic? Mungkin saja mengingat masa tayang film ini di beberapa negara berbeda-beda, yang paling aneh Jepang The Avengers baru akan tayang 14 Agustus 2012, tapi agaknya susah uy....

Honor Anggota Avengers

Oke, kita dah tahu film The Avengers telah menghasilkan lebih dari satu miliar dolar AS di seluruh dunia...Bagaimana dengan honor aktor dan aktrisnya?

Robert Downey Jr. /Iron Man/Tony Stark mendapatkan penghasilan dari film The Avengers minimal 50 juta dolar AS!

Marvel dikenal sering memakai aktor kurang terkenal/dibayar murah untuk memerankan tokoh superhero mereka. Mickey Rourke ditawari 250.000 dolar AS untuk memerankan penjahat di film Iron man 2, sementara Downey Jr. mendapatkan honor melimpah atas kesuksesan film Iron Man 2008 yang menghasilkan 585 juta dolar AS di seluruh dunia.


Foto: splashpage.mtv.com

Agen Downey Jr. menegosiasikan ulang kesepakatannya dengan dengan Studio Marvel supaya mendapatkan penghasilkan sekitar 5-7 persen dari keuntungan kotor box office tiap kali Iron Man yang diperankannya muncul di film-film superhero buatan Marvel. Dengan suksesnya film The Avengers maka keuntungan Downey berlipat ganda!

Para pemain lain di film The Avengers gak seberuntung Downey Jr., Samuel L. Jackson dan Scarlett Johansson mendapatkan honor sekitar 4-6 juta dolar AS include uang muka dan bonus box office. Masih lumayan besar untuk honor seorang aktor tapi kalau dibandingkan dengan jumlah honor Robert Downey Jr. masih jauh!

Sementara Chris Hemsworth, Chris Evans, Jeremy Renner, dan Mark Ruffalo akan mendapatkan honor sekitar 2-3 juta dolar untuk setiap peran yang mereka mainkan di film The Avengers. Sekali lagi lumayan, tapi gak sebanding dengan jumlah penghasilan satu miliar dolar dari film The Avengers yang mestinya ditambahkan ke penghasilan mereka.

Biasanya pihak studio menawarkan untuk tidak memberi begitu saja "nilai dolar pertama" yang artinya jika film tersebut menghasilkan katakanlah 100 juta dolar di box office, "nilai dolar pertama" orang itu akan mencapai persentase dari angka itu.

Studio biasanya lebih memilih untuk menawarkan "harga pas" yang artinya orang tersebut hanya akan dibayar sekali setelah studio menghitung keuntungan dan potongan biaya produksi.

Aktor yang mengatur keuangan dengan cara "nilai dolar pertama" umumnya mendapatkan keuntungan yang besar. Johnny Depp pernah menghasilkan 250 juta dolar dari film Pirets of the Caribbean, Michael Bay menghasilkan 80 juta dolar AS dari film Transformers, Jack Nicholson mengantongi 60 juta dolar dari film Batman di tahun 1989, dan Tom Cruise biasanya mendapatkan 75 juta dolar dari tiap perannya di film Mission Impossible.

Rupanya perputaran uang lebih banyak terjadi di Hollywood dibandingkan di dunia.

No comments:

Post a Comment