Monday, September 19, 2011

Unstoppable Juggernaut

Satu diantara fanart Juggernaut yang bisa ditemui di internet yang 
telah terkontaminasi penggambaran berdasarkan artwork/desain 
karakter Juggernaut versi Capcom, massive dengan bentuk helm yang
 lebih melebar :P
Kenal Juggernaut pada komik X-Men terjemahan Misurind...Tahun 90-an, lalu TVRI pernah menayangkan film X-Men cuma satu kali tayang dan waktu itu beruntung bisa nonton...Saat itu Juggernaut melawan Colossus satu diantara anggota X-Men terkuat asal Rusia!

Selanjutnya film kartun X-Men di RCTI, lalu lewat komik-komik import milik teman. Berlanjut ke artwork Juggernaut oleh para ilustrator game Capcom vs Marvel dan Capcom versus X-Men di internet, artwork inilah yg paling mengesankan karena menggambarkan wujud Juggernaut lain dari biasanya, benar2 massive!

Bentuk helm yang tadinya berbentuk peluru (lonjong) menjadi lebih melebar, solid, dan padat, proporsi Jriiit! Hampir gede segede Hulk! Tadinya gak punya musuh favorit, tapi setelah lihat juggy untuk pertama kali...Jriiit! Orang ini bisa menghajar tokoh baik-baik di dunia Marvel!

Sulit untuk mengikuti perkembangan tokoh Antagonis ini, karena seperti penjahat (ehmm) komik lainnya dia hanya muncul sekali-kali...Tetapi memang sering muncul di Dunia Marvel sebagai penjahat tangguh.

Marvel Universe 3.75": Juggernaut, mempunyai artikulasi lebih 
dibandingkan dengan Marvel Select: Juggrenaut yang 
ukurannya jauh lebih besar.
Sekilas Juggernaut

Juggernaut adalah julukan bagi orang yang bisa menyentuh batu rubi di Kuil Cyttorak. "Whosoever touches this gem shall be granted the power of the Crimson Bands of Cyttorak! Henceforth, you who read these words, shall become ... forevermore ... a human juggernaut!"

Juggernaut/Cain Marko kreasi Stan Lee dan jack Kirby, muncul pertama kali di komik X-Men #12-13 (Juli-September 1965). Mempunyai hubungan keluarga dengan pemimpin tim X-Men yaitu Professor X. Mendapat kekuatan dari batu rubi ketika Cain Marko dan saudara tirinya yaitu Charles Xavier (Proffesor X) di tempatkan di korea ketika mereka bergabung di US Army.

Marko menemukan kuil Cyttorak yang tersembunyi, di dalam kuil tersebut terdapat batu rubi yang jika disentuh oleh manusia kekuatan dari batu itu akan berpindah pada orang yang menyentuhnya. Proses tersebut terjadi di dalam gua yang menyebabkan kuil Cyttorak runtuh. Marko dianggap meninggal tertimbun reruntuhan kuil. Baru diketahui setelah pelaku penyerangan markas X-Men adalah Juggernaut alias Cain Marco.

Selama mempunyai kekuatan batu Cyttorak Juggernaut bisa mengangkat gunung mempunyai daya tahan yang kuat, mampu menahan segala macam serangan, tidak pernah lelah walaupun tanpa makan dan minum.

Sekali dia bergerak tidak ada yang mampu menghalanginya, Hulk dan anaknya Skaar pernah menghalangi dan mengarahkannya ke arah lain sehingga Juggernaut bisa terhempas. Juggernaut lemah terhadap serangan mental, untuk itu dia menggunakan helm (yang cukup ikonik dan telah menjadi ciri khas) yang bisa memblok serangan tsb. Jika dia kehilangan helmnya, dengan sekali sentuh terhadap material tertentu dia bisa menciptakan helm yang baru.

Selain musuh utama X-Men, Juggernaut pernah berseteru dengan Hulk, Thor, dan Spider-Man. Dalam aksinya Juggernaut mempunyai partner Black Tom Cassidy yang merupakan satu diantara musuh besar X-Men.

Barang koleksi

Juggernaut lumayan populer, ingat lho dia tokoh jahat, bukan tokoh jagoan yang gak punya serial komiknya sendiri! Pernah dibikin figure berbagai versi mulai yang kecil sampai sampai lumayan besar (Marvel Select) bahkan statuenya pun ada, kalau ada yang niat ngumpulin satu karakter jahat, direkomendasikan deh Juggernaut, dah banyak figure yg dah dibikin disertai dengan berbagai variant diantaranya Juggernaut tanpa atau dengan helm dan warna kostum strip dada ke perut pilihannya ada orange atau merah.

Juggernaut dari seri: Hasbro's Spider-man series 4 Juggernaut. Made by Hasbro. Ketika teman saya menawarkan..."Mo figur Juggernaut?" Wah saya senang sekali dengarnya! Tapi ketika dia bilang "...Tapi yang keluaran Hasbro...." Dunia kembali seperti semula....Tidak ada suara hingar bingar lagi semua mendadak menjadi hening, letupan kembang api tiba2 menghilang, segala jenis warna cahaya yang kerlap-kerlip tiba2 memudar...dan muh mah meh lainnya...Ternyata yang dia tawarkan bukan figur Juggernaut yang saya idam-idamkan (kaya yang hamil ajah ehehehe). Juggernaut yang saya inginkan adalah versi keluaran Toy Biz bukan keluaran Hasbro seperti tampak pada gambar di atas. Walaupun part badan dari figur tersebut diambil dari salah satu figur Hulk (klo 'gak salah Savage Hulk Deluxe) namun tampilannya jadi lebih KEREEEEN! Benar2 mengesankan UNSTOPPABLE JUGGERNAUT! Memang pernah sekali waktu, teman saya menawarkan figur Juggernaut dari Toy Biz itu, tapi waktu itu saya 'gak punya duit Arrrrghh...Siaaal! Dah gitu sekarang beredar tapi harganya selangit! Ya sebagai hiburan saja saya beli Juggernaut keluaran Hasbro ini...lagi pula 'gak terlalu jelek kok...Malah tampak lebih realistis, tapi bodinya masih kurang lebar euy....Apabila helmnya di buka dia masih memakai helm lapis kedua, mirip pelindung kepala ultimate Captain America. Penggambaran berlebihan dari Juggernaut versi komik bisa kamu temui pada figur Juggernaut keluaran Toy Biz, sedangkan penggambaran yang lebih realistis bisa kamu temui pada figur keluaran Hasbro. Terserah selera masing-masing, keduanya merupakan figur yang baik. Jadi pilih yang manapun 'gak masalah. Saya sendiri suka figur Juggernaut keluaran Toy Biz, walaupun ada yang bilang figurnya kurang stabil karena bobot dan bentuknya yang massive.

Juggernaut di Film 

Juggernaut tampil di film X-Men: The Last Stand yang diperankan oleh Vinnie Jones, di film itu Juggernaut menjadi anggota Brotherhood Alliannce army yang dipimpin oleh Magneto. Dalam versi ini Juggernaut gak ada hubungan saudara dengan Charles Xavier.

Juggernaut versi film. 

No comments:

Post a Comment