Saturday, October 1, 2011

Hulk Gaya Marc Silvestri

End Hulk, ilustrator Dale Keown, action figure by 
Hasbro. betul, bahkan Hulk pun di masa tua 
mengalami kebotakan....Jadi santai brooooo....
Oke…Kita dah lihat Action figure Hulk berdasarkan penggambaran Sal Buscema (Marvel legends Face Off), Dale Keown (Incredible Hulk Classic: Smart Hulk, ML: End Hulk), Mike Deodato (Marvel Select: Hulk), Ed McGuinnes (Hulk two pack with Valkyrie)….
Hulk cita rasa Silvestri.

Sekarang komik Hulk ditangani oleh ilustrator Marc Silvestri…

Figure End Hulk di seri BAF Fin Fang Foom sungguh mengesankan!

Mampu menangkap apa yang digambarkan oleh Dale Keown dalam komik End Hulk ke dalam bentuk action figure.

Berharap Hasbro melakukan hal yang sama terhadap Hulk garapan Silvestri, setiap detail garis, tekstur, dan warna di komik bisa diwujudkan ke dalam bentuk figure dg baik.

Alert 17/6/2012

Hulk cita rasa Silvestri versi figure.
Sial dah mau keluar saja figure hulk versi barbarian yang tampil di komik Incredible Hulk garapan Silvestri, rencananya akan dirilis Desember 2012. Berikut kutipan yang didapat dari internet www.toyark.com:

Diamond Select Toys will be releasing a Marvel Select Barbarian Hulk figure. Toyark Sponsor Big Bad Toy Store has a Pre-Order listed for the figure. It's scheduled for release in December at a price of $19.99.

A Diamond Select Release! Sculpted by Jean St. Jean! What's better than a giant Hulk figure? A giant barbarian Hulk figure! Based on his recent look in the pages of Marvel's Incredible Hulk comics, Diamond Select Toys is offering a new, massive Hulk figure with long hair, a loincloth and a necklace of skulls! It's the Hulk figure you never knew you wanted! This entirely new sculpt stands nearly 10 inches tall with 16 points of articulation, and is ready to fight your other Hulk toys for prime placement in your collection. Comes ready to display in oversized collector packaging.

Product Number: DMC11798
Shipping Weight: 2.10 pounds 


Alert 21/2/2013

Two D or not two D

Marc Silvestri.
Sekitar Juli 2012 dimulai harapan untuk mendapatkan action figure Marvel Select: Barbarian Hulk ala Marc Silvestri, dari promo art-nya sekilas action figure tersebut terlihat mirip dengan versi komiknya.

Kagum Marvel Select (MS) bisa mewujudkannya dalam bentuk figure beneran! Setahu saya gaya gambar Marc Sivestri itu detail banget, mustahil untuk direalisasikan dalam bentuk tiga dimensi seperti action figure.

Beda dengan gaya gambar Dale Keown yang gak banyak melibatkan crosshatching dalam gaya gambarnya masih bisa ditiru untuk direalisasikan dlm bentuk action figure. Ambil contoh Smart Hulk dari seri Classic Incredible Hulk 2003, karakter penggambaran Dale Keown masih dapat.

Hulk klasik ala Jack Kirby. Produksi Hasbro.
Begitu juga dg gaya gambar Sal Buscema untuk Savage Hulk tergambar baik dalam wujud Hulk Face Off keluaran Toybiz 2003 lalu.

Seabreg gaya gambar Jack Kirby telah diwujudkan dalam bentuk action figure, diantaranya: Marvel Legend 9 seri Galactus: Grey/Green Hulk, Marvel Universe Avengers Classic: Hulk, dan sebagainya.

Hulk klasik ala Mike Deodato. Produksi Marvel Select.
Gaya gambar Mike Deodato Jr. pernah diaplikasikan gaya gambarnya ke dalam wujud action figure dan statue lewat Marvel Select: Green Hulk

Goresan Art Adams yang diterapkan dalam action figure seri classic: Gamma Punch Hulk lengkap dengan Bruce Bannernya benar-benar matching dengan versi komik yg do'i ilustrasikan.

Sosok She-Hulk ala Adi Granov tampak sama-sama menarik dan seksi dalam wujud action figure Marvel Select: She-Hulk, klop dengan versi cover komiknya.

She-Hulk Ultimate ala Adi Granov. 
Produksi Marvel Select.
Bahkan gaya gambar Bryan Hitch pun bisa diwujudkan dalam action figure Marvel Select: Ultimate Hulk dengan apik dan tetap sangar!

Masih ada beberapa gaya ilustrator lainnya yang berusaha diaplikasikan dalam bentuk action figure dan ya...Lumayan mirip.

Pada umumnya para scluptor menyederhanakan seminimal mungkin gaya gambar ilustrator komik tanpa menghilangkan ciri khas dan proporsi badan Hulk sesuai keperluannya.

Hulk Ultimate ala Bryan Hitch. 
Produksi Marvel Select.
Mari kita ambil contoh gaya gambar art adam yg full arsiran berupa crosshatching garis. Garis tersebut bisa dihilangkan, akan tetapi proporsi khas Hulk ala Art Adams yang mirip ehmm gorila tetap dipertahankan.

Kita masih bisa lihat penggambaran Hulk ala Art Adams dengan badannya yang "busekel" kaki "jebrag" tangan yang membesar bukan mengecil (proporsi manusia normal), rahang lebar, kuat ala manusia purba, dan rambut "batoknya" masih bisa dilihat dalam versi action figure Gamma Punch Hulk dengan baik.

Gamma Punch Hulk ala Arthur Adams. 
Produksi Toybiz.
Sekilas kita pasti kenal bahwa action figure Hulk itu dibuat berdasarkan gaya gambar Art Adams dengan melihat proporsinya yg khas.

Intinya sih sculptor mengambil seminimal mungkin untuk menampilkan secara maksimal dari gaya gambar ilustrator komik yang ditirunya yang akan dijadikan prototype dari action figure, diantaranya dengan mengurangi "torehan" pahatan untuk menampilkan efek "garis" pada versi gambar, mengurangi efek cat baik berupa goresan kuas atau teknik "wash", mengurangi anatomi tubuh yang tidak terlalu terlihat signifikat (urat), dan sebagainya. Pokoknya mah "hemat pangkal kaya" banget deh!

Representasi Hulk Ala Silvestri

Kembali ke action figure gaya Marc Silvestri, memang lebay sih jika dikatakan mustahil untuk diwujudkan dalam bentuk action figure apalagi dengan teknologi jaman kiwari.

Tapi memang sulit menginterpretasikan gaya gambarnya ke dalam bentuk figure mengingat kontur garisnya yang gak tegas apalagi efek dimensinya terbentuk dari komposisi crosshatching yang saling tumpuk, proporsi badannya yg distorsi gimana gitu untuk selera-selera tertentu jd sangsi gaya gambar tsb dijadikan action figure.

Ditambah garisnya yang cenderung ekspresif tapi tetap gak melewatkan detail seperti jaringan otot, urat, helai rambut, jenggot, garis wajah, dan berbagai hengki pengki lainnya misalnya robekan kain, aksesori berupa tengkorak, robekan kain, serta pernak pernik lainnya.

Itu baru garis belom teknik warnanya yang aduhai gak kalah njelimetnya dengan melibatkan saturasi dan tingkatan layer warna yang "ngok"! Bisa tah dijadikan action figure?

Kiri: gaya Marc Silvestri versi action figure, kanan: versi gambar.
Tapi ternyata...Jreng! Jreng! keluar juga versi figurenya! Detail dan representatif! Edun! Ini seperti kebalikan dari pernyataan dari "meminimalkan gaya gambar untuk diaplikasikan ke bentuk figure!".

Di figure ini sculptor justru berusaha untuk mewujudkan ciri khas Marc Silvestri dalam bentuk action figure secara gila-gilaan sampai di luar batas kewarasan!

MS: Hulk Barbarian ini benar-benar figure Hulk yang bisa MS buat dengan maksimal bahkan mungkin diantara produsen-produsen lain terutama Hasbro!

Barbarian Hulk

Ada dua versi action figure ala Silvestri yang dikeluarkan MS pada awal 2013 yaitu MS: Barbarian Hulk dan Unleashed Hulk. Kalau mau pilih salah satu Hulk yang bisa mewakili gaya gambar Silvestri berdasarkan keautentikan komiknya, pilihlah MS: Barbarian Hulk!

Barbarian Hulk diambil dari komik "Hulk" yang ditulis oleh Jason Aaron, dalam cerita ini Hulk dan Bruce Banner terpisah menjadi makhluk yang berbeda. Hulk tinggal di daerah yang terisolasi bersama Mole Man jauh di bawah tanah.

Dari 15 nomor cerita yang diawali oleh Hulk Barbarian ini, Marc Silvestri cuma menggambar tiga nomor saja. Jadi agak "bleh" juga sih jadinya jika figure ini diklaim sebagai "Hulk Silvestri" karena ilustrator lainnya juga menggambarkan Hulk versi Barbarian tsb.

Hulk gaya Marc Silvestri. Kiri: Barbarian Hulk, kanan: Unleashed Hulk.
Tapi ya "kumaha deui" yang pertama kali gambar Hulk Barbarian ya....Marc Silvestri...yang lain mengikuti apa yang telah Marc dan Aaron kerjakan.

Jujur saja gak bisa omong banyak ttg figure ini karena Pre Order (PO) untuk Asia dibatalkan penyebabnya terbentur masalah pengiriman, sebenarnya gak masalah sih klo duitmu kenceng bisa order ke pihak ke-3 dengan ongkos kirim (ongkir) yang "wakwaw!" tapi itu bahasan lain.

Jadi cuma bisa lihat foto-fotonya di internet. Berdasarkan hal tsb gak bisa disangkal lagi betapa mengaggumkannya desain action figure ini dalam menangkap detail garis Marc Silvestri dg nyaris sempurna.

Penampilan Hulk Barbarian ini mirip Conan namun berjenggot dan berambut gondrong, pakaiannya cuma memakai cawat yang robek-robek, disertai kalung dari tengkorak hewan.

Model primitif tersebut diaplikasikan dengan baik lewat versi figurenya, kalung tengkoraknya dibuat terpisah dan bisa dilepas dari badannya, detail, paint job, dan scluptnya edun!

Cawatnya terbuat dari karet elastis yang berarti gak bakal ganggu pada persendian pangkal paha sehingga masih dengan bebas diposekan sesuka kalian, artikulasinya lumayan oke untuk figure keluaran Marvel Select yang cenderung irit sendi tapi hambur aksesori. Artikulasinya terdiri dari sendi putar bola pd leher, pundak, dan pinggul, sendi bola setengah pada siku, dan lutut, sendi putar pada pinggang, lutut, pergelangan kaki.

Sementara itu paintjobnya benar-benar keren! Bebagai efek ditambahkan seperti shading, saturasi warna gradasi, dan teknik wash menjadikan Hulk Barbarian ini tampak "hidup". Blom lagi "pedikyur" pada kukunya, jarang-jarang kuku Hulk dicat.

Detail sculptnya "anjrit" banget! Varises uratnya lebih sinting daripada Hulk abu seri Fin Fang Foom! Blom lagi efek kerutan pada cawat dan detail tengkorak pada kalungnya...Edunlah pokoknya!

Overall figure Barbarian Hulk ini hampir pol banget dari segala aspek! Worth it...

Unleashed Hulk

Jika bisa milih, mending Barbarian Hulk untuk melengkapi "event" Hulk, Hulk telah mengalami kejadian sinting mulai dari Hulk liar lalu menjadi pintar, jadi gladiator, raja, tribal, dan lain-lain....Dan semuanya telah dibikin versi action figurenya...Barbarian Hulk salah satunya!

Tapi masih bersyukur klo yang didapat Hulk "reguler" ala Marc Silvestri versi Unleashed. Hulk versi Unleashed seperti Hulk pada umumnya, sangat aman untuk dikoleksi sebagai tokoh Hulk tersendiri, gak terkait dengan "event-event" khusus.

Action figure ala Marc Silvestri, Unleashed Hulk 2013.
Walaupun agak rancu karena Hulk Uleashed ini hanya tampil pada cover "Hulk" #1 saja.

Selebihnya dalam cerita ini Hulk digambarkan berpenampilan Barbar (Barbarian Hulk) dan Hulk reguler tanpa rambut alias botak!

Marc Silvestri gak pernah menggambarkan Hulk reguler ini selama dia menjadi ilustrator pada tiga nomor komik yang ceritanya ditulis oleh Aaron!

Jadi asli ini mah Hulk khusus yang dibuat berdasarkan gaya gambar Marc Silvestri.

Ya...Mungkin figure Hulk tsb ditujukan pada fans yang mengumpulkan figure Hulk reguler supaya lebih bervariasi.

Selebihnya dari segi detail sculpt, paint job, dan artikulasi hampir sama dengan versi Barbarian Hulk. Figure setinggi 9" ini memang mantab.  Tersedia di Disney Store dan dapat dibeli secara online.

No comments:

Post a Comment