Thursday, February 23, 2017

Mezco One:12 Collective

Bukan penyuka action figure dengan kostum atau part/aksesori berbahan kain, karena tampilannya selalu aneh, jahitan yang tidak rapih, efek lipatan yang menggelembung, resiko terkena debu, kotoran, bulu, robek, lapuk, dan lain sebagainya, pokoknya malas banget.

Figur dengan embel-embel kostum kain selama ini cuma terlihat mending dalam skala 1/6 (12”), sebutlah Hot Toys, mulai dari wujud figur, pakaian, dan aksesori pelengkapnya sungguh menakjubkan, rasanya segala kualitas tersebut sulit diaplikasikan ke bentuk yang lebih kecil terutama skala 1/12 (6”), bagi saya figur dengan kostum kain berupa jas, jaket, dan lain-lain yang telah Toy Biz hadirkan beberapa tahun lampau tampak “meh”, kedodoran, dan out of shape, pokoknya enggak!

Agak mulai “sreg” pas Hasbro mengambil alih, figur berkain terlihat lebih mending, contohnya Savage She-Hulk, namun masih belum tertarik. Bahkan ketika Mezco mengumumkan akan merilis figur berkain sekitar pertengahan 2014 enggak begitu diperhatikan ‘gak “ngeuh” malah, apalagi yang pertama kali dirilis adalah figur dari DC yaitu Batman, kombinasi baju dan jubah kain hadoooh, membayangkannya saja sudah ilfil!

Mulai tertarik saat lihat foto promosi Iron Man versi Mezco, ‘gak nyadar itu ukuran 6” dan merupakan bagian dari lini Mezco One:12, setelah diberikan pencerahan mulai lihat tokoh lainnya seperti Captain America, Wolverine, Dare Devil, Punisher, Spider-Man, dan lain-lain, mereka semua tampak menakjubkan!

Kostum kain pada figur tersebut tampak pas, rapih, apik, dan proporsional! Kualitasnya hampir sama dengan aplikasi kain pada figure 1/6, enak dilihat, dan kalau diposekan efek kerutannya tampak wajar, tidak menggelembung seperti pada figur 6” versi lama (Toy Biz). Plus aksesori pendukungnya seperti alternatif kepala, perlengkapan tokoh seperti senjata dan atributnya benar-benar rinci dan dijahit dengan kualitas yang sangat oke!

Detail Sculpt pada Marvel Select bisa didapatkan melalui teknik jahit kain pada atribut versi Mezco, hal itu membuatnya tampak lebih real, bagi penyuka action figure 6” ini bisa jadi pengalaman baru, termasuk dalam hal memperlakukan & merawat figur tersebut.

Marvel Legends dari Hasbro mungkin masih bisa diperlakukan seperti mainan, perlakuan itu sepertinya ‘gak berlaku untuk Mezco One:12 mengingat wujud dan harganya yang luar biasa, sepatutnya diperlakukan seperti barang koleksi yang punya nilai investasi.

Lini ini masih belum lama, baru diumumkan sekitar Juli 2014 sementara produknya baru keluar sekitar pertengahan 2015, jadi kemungkinan besar masih belum ada versi KW, bootleg, atau counterfeit-nya. Semoga.

Mezco Toyz

Mezco Toyz adalah perusahaan mainan pembuat action figure dan benda-benda koleksi lainnya berdasarkan lisensi.

Mezco terkenal karena membuat lini mainan seri “Living Dead Dolls” boneka horor setinggi 10 inchi, terbuat dari bahan plastik, menggunakan pakaian kain, dan dikemas dalam bentuk peti Jenazah lengkap dengan sertifikat kematian yang diproduksi tahun 2001.

Perusahaan tersebut didirikan oleh Michael Markowitz (Mez) selaku presiden dari Mezco, sekaligus penggagas dari segi desain. Mez bekerja sama dengan orang-orang berbakat di industri mainan dalam hal mendesain, dan mengarahkan setiap lini produk dari awal hingga akhir.

Mezco Toyz didirikan pada tahun 2000 dari perusahaan mainan berumur pendek bernama Aztech Toyz yang terkenal dengan lini mainan action figure berdasarkan film bisu hitam putih ”Silent Screamers”. Lini tersebut dirilis kembali oleh Mezco.

Selain dua lini asli produksi Mezco di atas, perusahaan tersebut membuat lini action figure berdasarkan lisensi di antaranya: Cinema Of Fear, Thunder Cats, Earthworm Jim, Mars Attacks, Universal Monsters, Child's Play (Chucky), South Park, Domo, Little Big Planet, Family Guy, dan Scott Pilgrim.

Lalu ada lini MEZ-IT yang sejauh ini baru merilis tokoh DC, antara lain: DC Universe, The Dark Knight, dan The Dark Knight Rises. Beberapa lini lainnya seperti Beetlejuice, DC Universe, Hellraiser III: Hell on Earth, Marvel Universe, Mortal Kombat X, One:12 Collective, The Conjuring, Trick 'r Treat, dan Universal Monsters yang baru-baru ini telah dan akan diproduksi.

Sementara produk lama berlisensi dan produk asli yang telah diproduksi antara lain: 20,000 Leagues Under the Sea, Alien, Animal House, Army of Darkness, Austin Powers, The Blues Brothers, Cryptozoology, Dark Carnival, Defenders of the Dragon, Dick Tracy, Edward Scissorhands, Gangsters Inc., The Goon, Hellboy (the movie), Hellboy Comic, Hellboy II: The Golden Army, Heroes, Hoodz, Jack the Ripper, Kong, Miami Vice, Monsters, NFL-Extreme Athletes, Notorious B.I.G., The, Osbournes, Pirates, Popeye, Predator, Public Enemy, Reservoir Dogs, RoboCop, Scarface, Scary, Tales, Silent Screamers, TikiMon, Underworld, The Warriors, Kong, dan Breaking Bad.

Mezco One:12 Collective

Semua produk Mezco di atas dapat dikategorikan dalam jenis Action Figures, One:12 Scale, Large Scale Figures, Bobbleheads, Mini Figures, Dolls, Plush, atau Vinyl Figures.

Mezco One: 12 termasuk jenis action figure berlisensi skala 1/12 atau 6” (sekitar 16 cm), bahan figur berupa plastik, rata-rata mempunyai sendi sekitar 30 titik, kostum dari kain, terdapat sejumlah aksesori yang terdiri dari alternatif bagian tubuh seperti kepala dan tangan, perlengkapan masing-masing tokoh seperti senjata, dan alat bantu display seperti tiang stand & base. Setiap tokoh dikemas dalam box tanpa ikatan supaya mudah dikeluarkan, lalu dimasukan lagi.

Dirancang dengan menggabungkan kemampuan gerak dengan pakaian berbahan kain yang mirip dengan figur skala 1/6 (12”). Teknik sculpt-nya tinggi, disertai kemampuan gerak sebanyak 32 titik artikulasi, sehingga bisa menghasilkan sekitar 40.000 pose yang secara astetik lebih realistis.

Sculpt dikerjakan dengan teknik digital, sementara kostumnya dijahit dengan kulitas tinggi dari bahan terpilih termasuk variasi warna untuk menciptakan efek kain yang sesuai dengan pergerakan dan mobilitas figur ukuran 6” secara maksimal.

Setiap figur akan disertai base dan display, serta berbagai aksesori yang dibuat secara presisi mirip dengan versi aslinya dalam kehidupan nyata.

Seri Mezco One:12 Collective dibuat berdasarkan tokoh lisensi dari beberapa perusahaan seperti DC Universe, Hanna-Barbera, Judge Dredd, Marvel Universe, Star Trek, dan Universal Monsters, dibandrol dengan harga antara 80-110 dolar AS.

No comments:

Post a Comment