Wednesday, January 29, 2014

Marvel Comics: Kawaii Marvel Heroes

Pertama kali lihat figurine set Marvel Kawaii di toko online langsung naksir karena memang lucu dan unyu tapi muncul pertanyaan "apakah produk ini asli?"

Seperti peredaran figurine di Bandung pada umumnya, figurine kecil Marvel Kawaii ini beredar begitu saja tanpa ada promosi dalam bentuk apapun.

Umumnya beredar dulu di toko online, beberapa lama kemudian beredar di toko-toko mainan di pusat perbelanjaan.

Marvel Kawaii

Desain tokoh Marvel Kawaii Chibi. Diterapkan pada setiap produk berlisensi.
Ada yang mengatakan bahwa Marvel Kawaii adalah segala jenis produk berlisensi dari Marvel untuk pasar Jepang. Bentuk rupa dari tokoh-tokoh Marvel seri ini disesuaikan dengan kultur pop Jepang.

Umumnya dibikin sederhana, lucu, dan menggemaskan. Mungkin bagi penggemar manga dan anime mengenalnya dengan istilah "chibi".

"Chibi" dalam bahasa slang Jepang bisa diartikan sebagai "orang pendek" atau "anak kecil", bisa juga diartikan sebagai orang atau hewan yang kecil dan lucu.

Untuk para "otaku" anime dan manga kata "Chibi" sering dihubungkan dengan istilah gaya gambar "super deformed" yang dikenali dari proporsi kepalanya yang besar sebagai penggambaran versi anak-anak dari suatu tokoh tertentu.

Sederhananya "Marvel Kawaii" ini adalah tokoh Marvel versi chibi yang diaplikasikan pada berbagai produk sehari-hari misalnya perlengkapan tempat tidur bergambar tokoh Marvel, gantungan kunci, casing handphone, pakaian, boneka plush, dompet, stiker dan lain-lain.

Produk Resmi

Produk dari seri "Marvel Kawaii" yang resmi baru diketahui adalah boneka "strap" yang terdiri dari tokoh Spider-Man Iron Man, Wolverine, Thor, Captain America, Storm, Hulk, dan Silver Surfer.

Poster MARVEL KAWAII set.
Didesain oleh Disney Jepang dan diproduksi oleh Sega Prize, tingginya kurang lebih 10 cm, berbahan kain yang dikenal dalam seri "Marvel Kawaii Art Collection Daishugo Puchi Mascot Strap".

Biasanya dijual dalam mesin gashapon dispenser secara acak namun ada yang menjualnya dalam satu set di toko online seharga 39,9 dolar AS.

Versi Figurine

Selain diaplikasikan ke dalam bentuk boneka plush, model tokoh Marvel versi chibi ini dipakai untuk figurine berbahan PVC setinggi kurang lebih 5 cm. Dijual dalam satu set isi 12 figur terdiri dari:
  • Silver Surfer
  • Captain America
  • Falcon
  • Iron Man
  • The Thing
  • Venom
  • Spider-Man
  • Thor
  • Hulk
  • Wolverine
  • Storm
  • Black Widow
Figurine Marvel Kawaii chibi loose tanpa
kemasan dus. 
Masing-masing figurine disertai stand/base, di toko online 1 set figurine resmi tersebut dibandrol 2,99 Euro. Sedangkan versi figurine yang diduga bootleg dihargai Rp 120-150 ribu/set. Sejauh ini baru beredar di toko-toko online.

Secara kasat mata figurine ini terlihat sama dengan versi resminya. Sculpt dan catnya lumayan rapih.

Sulit mengatakan kalau figurine ini produk palsu, namun berdasarkan keterangan dari salah satu sellernya produk ini adalah KW.

Sejujurnya? Gak peduli ini asli atau palsu, sekilas sih terlihat oke-oke saja, kalau dibandingkan figurine Marvel chibi ini dengan versi promo art-nya tampak gak jauh beda.

Kalau figurine di promo art tersebut tampak kinclong wajar saja, pernah lihat Big Mac McD semulus versi iklannya? :D

Figurine ini lumayan otentik dengan format bentuk chibi yang Marvel keluarkan, mulai dari bentuk, proporsi, dan pengerjaannya lumayan terlihat apik dan rapih, bahkan pada basenya terdapat deskripsi nama masing-masing tokoh dan nama produsen.

Mau disebut KW, recast, bootleg atau apapun terserah, karena tampaknya figurine ini dicetak dalam mold yang sama (bisa saja salah :P). Lagipula dah banyak figur KW yang benar-benar mirip dengan aslinya. :D

Namun seperti minifig Lego palsu, bahan dan cat dari figurine ini memang agak bleeeh…Dari bau, tekstur, dan pengecatannya sangat terasa bahwa figurine ini suka atau tidak memang terlihat palsu.

Disarankan untuk tidak memainkan figurine ini karena dari bau plastiknya saja dah tercium bahwa bahan yang dipakai kurang ramah lingkungan, pajang saja supaya lebih aman oke? Happy hunting! ;D

Alert 30/1/14!

Foto produk resmi, difoto tiga minggu lalu.
Setelah browsing sana-sini ternyata ada kemungkinan produk "Marvel Kawaii" yang beredar saat ini asli namun dijual tanpa kemasan dus atau semacamnya.

Hal tersebut berdasarkan pada perbandingan foto produk resmi dari salah satu konsumen yang dipajang di website internet dengan produk yang dibeli dari toko online Indonesia saat ini.

Dari hasil pengamatan tekstur bahan, kualitas cat, dan pengerjaan dari produk resmi dan produk yang diduga KW tampak tidak jauh berbeda.
Promo art, Hulk tampak kinclong di
bandingkan dengan produk aslinya.


Produk "Marvel Kawaii" asli diproduksi oleh Edibas produsen asal Itali. Dirilis sekitar bulan November 2013.

Yang membuat ragu bahwa produk "Marvel Kawaii" yang beredar sekarang ini asli adalah dari bau plastik yang menyengat dan tekstur catnya yang agak lengket ketika membukanya untuk pertama kali.

Namun lama-lama bau itu memudar dan cat yang lengket mengering. Mungkin ada satu tahap yang terlewat dalam prosesnya yang mengakibatkan produk ini gak lolos Quality Control (QC) sehingga menjadi barang reject.

No comments:

Post a Comment