Friday, October 31, 2014

Hot Wheels Then and Now 2013 dan 2014



2014 HW WORKSHOP

Twin Mill
Twin Mill III

Toyota AE-86 Corolla
Scion FR-S

'64 Corvette Sting Ray
'14 Corvette Stingray Convertible

'68 COPO Camaro
'14 COPO Camaro

Nissan Skyline H/T 2000 GT-X
Nissan Skyline GT-R R34

2013 HW SHOWROOM

'70 Camaro Road Race
'10 Camaro SS

'71 Dodge Challenger
'08 Dodge Challenger SRT8

'69 Dodge Charger
'11 Dodge Charger R/T

'71 Mustang Mach I
Custom '12 Ford Mustang

'92 Ford Mustang
'07 Ford Mustang

Seri "Then and Now" diperkenalkan pada 2013 di lini reguler (a.k.a. mainline). Konsepnya adalah dua jenis mobil identik berdasarkan merek, corak, dan warna yang sama, yang dipisahkan oleh waktu selama beberapa dekade. Intinya "old vs new" dari berbagai jenis mobil dari seluruh negara!

Alhamdulillah seri "Then and Now" 2013 terkumpul semua kecuali '71 Dodge Challenger" hitam edisi spesial Kmart yang merupakan variant dari seri "Then and Now" reguler '71 Dodge Challenger" kuning.

Untuk seri "Then and Now" 2014 Hot Wheels mengeluarkan variant warna untuk setiap item! Ini menyebalkan karena untuk mengumpulkan satu variant warna saja 'gak gampang, apalagi dalam seri tersebut terdapat item mobil merek Jepang Nissan Skyline yang selalu "raib" di pasaran.

Plus disisipkannya mobil fantasi Twin Mill! Apalagi item Twin Mill ini dijadikan item Super T-Hunt pada 2014, makin sebel jadinya. Ternyata Hot Wheels 'gak sembarangan menyertakan item Twin Mill pada seri "Then and Now" 2014 ini.

Twin Mill

Twin Mill, 2014.
Umumnya dicast dibuat berdasarkan model mobil beneran...Tapi untuk mobil Twin Mill ini justru sebaliknya.

Mobil Twin Mill dibuat berdasarkan item HW terkenal skala 1/64, awalnya hanya diperbesar sampai skala 1/24, kemudian dibuat versi mobil benerannya dan bisa dikendarai! Pembuatan mobil ini membutuhkan waktu hampir 7 tahun.

Pembuatan mobil Twin Mill ini dalam rangka ulang tahun Hot Wheels yang ke- 30 pada 1998. Boyd Coddington dari "Hot Rods by Boyd" dipercaya untuk merealisasikan item Twin Mill menjadi mobil sungguhan. Sayangnya "Hot Rods by Boyd" keburu bangkrut.

Lalu Direktur Hot Wheels Carson Lev melanjutkan proyek tersebut dengan mengontrak Barry Lobeck untuk menyelesaikannya. Mobil Twin Mill sungguhan akhirnya selesai pada 2001 dan diperkrnalkan di acara "2001 SEMA" di Las Vegas.

Mobil Twin Mill ini benar-benar bisa digunakan, dengan lampu depan dan belakang, sinyal, dan bahkan kedua mesinnya pun benar-benar berfungsi dengan kekuatan 1.400 hp, 270 km/jam. Secara ergonomi desain mobil ini memang 'gak terlalu enak, pandangan pengemudi terhalang 2 mesin di depannya, tapi secara estetika desainnya memang kereeen!

Warna Twin Mill juga berganti dari Spectraflame Red (merah) menjadi Spectraflame Green (hijau). Twin Mill didesain oleh Ira Gilford, awalnya dia hanya mendesain mobil Hot Wheels berdasarkan model merek sungguhan seperti Camaro dan Mustang. Seiring waktu Hot Wheels mendesain mobil berdasarkan mobil yang ada dalam film kartun misalnya Red Baron (Snoopy).

Lama-lama HW mendesain mobilnya sendiri, Ira yang saat itu menjadi desainer Hot Wheels diberikan kepercayaan untuk merancang mobil rekaannya sendiri yang diberi nama Twin Mill pada 1973.

Mobil Twin Mill sungguhan.
Sejak itu Twin Mill menjadi mobil costum pertama dari Hot Wheels. Sampai saat ini Twin Mill telah diproduksi sampai 12 juta, dan Hot Wheels Twin Mill edisi pertama dalam keadaan original dan mint harganya bisa mancapai 800 dolar AS.

Selain Ira desainer Twin Mill lainnya adalah Bruce Baur perancang Twin Mill II pada 1993 dan Josh Henson perancang Twin Mill III pada 2008. Warna merah dan hijau menjadi tema dari seri "Then and Now" Twin Mill 2014 yang sesuai dengan warna mobil versi sungguhannya.

Hot Wheels COPO CAMARO

Pada Hot Wheels (HW) Showroom Then and Now: COPO Camaro terdapat perbedaan penulisan tahun antara COPO Camaro versi putih dan merah. Pada HW COPO Camaro putih dicetak "'14 COPO CAMARO" sedangkan untuk versi merahnya dicetak "'13 COPO CAMARO".

Saya kira salah cetak, ternyata itu memang disengaja. Hal tersebut dikarenakan ada pembaharuan di lini Camaro dan COPO termasuk ke dalamnya.

Variasi warna COPO CAMARO.
Casting HW COPO Camaro versi pertama (putih) disebut "'14 COPO CAMARO", setelah ada pembaharuan HW COPO versi kedua (merah) diganti menjadi "'13 COPO CAMARO" karena ternyata HW Camaro tahun 2014 dicetak berdasarkan casting HW Camaro 2013.

Selain penamaan item COPO Camaro 2014 mempunyai ban depan yang lebih ramping (ban kancing) daripada ban belakang. Saya kira ini "defect" pabrik ternyata bukan. Model ban depan yang ramping khusus dipakai untuk "dragstrip/drag racing" sepanjang 1/4 mil (402 meter). Lumayan spesial, karena 'gak semua item HW mempunyai fitur ban seperti ini.

No comments:

Post a Comment