Friday, February 14, 2014

Hot Wheels: Dodge Tomahawk 2004

Dodge Tomahawk, desainnya mirip kendaraan fantasi.
Hot Wheels memang terkenal dengan desain-desain kendaraannya yang fantastis, sayang sekali gak terlalu suka dengan desain diecast jenis tersebut.

Walaupun ada desain kendaraan Hot Wheels berdasarkan kendaraan asli namun sering dimodifikasi sedemikian rupa sehingga terlihat seperti kendaraan drag race atau khayalan.

Namun beberapa tahun ke belakang Hot Wheels mulai merilis kendaraan berlisensi termasuk mobil konsep, mobil jadul, dan masa kini.

Dodge Tomahawk

Karena antipati terhadap item HW yang desainnya aneh-aneh, pas lihat HW Dodge Tomahawk di gantungan beberapa tahun lalu jadi gak terlalu tertarik, karena saat itu kirain item Tomahawk ini termasuk jenis kendaraan HW fantasi jadi gak dibeli.

Belakangan baru tahu bahwa Tomahawk itu kendaraannya benar-benar ada, jadi menyesal kenapa dulu gak beli. Karena desainnya yang unik kendaraan itu jadi terlihat seperti bohongan padahal ada versi aslinya.

Seharusnya dulu ngeuh dengan merek Dodge-nya, klo HW menyertakan merek kendaraan tertentu pada blisternya maka sudah dipastikan bahwa kendaraan tersebut benar-benar ada walaupun hanya berupa mobil konsep.

Tomahawk adalah kendaraan konsep yang gak boleh dipakai di jalan pada umumnya. Diperkenalkan pada 2003 dalam acara “North American International Auto Show" di Detroit, Michigan. Dodge ini mampu menempuh perjalanan dengan kecepatan 420 mph (680 km/jam). Tomahawak belum pernah diuji coba pada kecepatan melebihi 160 km/jam.

Didesain dengan gaya Art Deco oleh desainer Chrysler Mark Walters, mempunyai kekuatan 500 hp mempunyai mesin 8,3 L V10 SRT10 dari Dodge Viper. Kendaraan ini mempunyai dua roda depan dan belakang lebih mirip kendaraan roda empat ketimbang motor beroda dua.

HW Dodge Tomahawk 2004-2007. Vakum selama 6 tahun belum dirilis lagi.
Tomahawk buatan tangan pertama telah terjual dengan harga 555.000 dolar AS, disinyalir sembilan unit telah laku di pasaran. Dari segi fungsi, kendaraan Dodge ini lebih dibuat sebagai “seni roda berputar” daripada untuk dikendarai.

Hot Wheels Tomahawk

Penyesalan tersebut makin menjadi-jadi ketika item yang dinanti itu gak dirilis terus pada tahun-tahun berikutnya. Ya semoga pada 2014 ini Dodge Tomahwk ini muncul. Tomahawk 1/64 pertama kali muncul pada 2004 dalam seri “First Edition” dengan tampilan silver.

Pada 2005 muncul dalam seri “2005 Hot Wheels #176” dengan warna emas chrome dan chrome, lalu pada 2006 muncul dalam seri “Mopar Madness Series #03 of 05” tampil dalam warna putih dan merah.

Terakhir kali Hot Wheels Tomahawk muncul dalam seri “All Stars #23 of 24” warna kuning dan hitam pada 2007.

No comments:

Post a Comment