Thursday, April 13, 2017

HASBRO: INVISIBLE WOMAN

Sial banget sih kebagian Invisible Woman yang ada defect pabrik! Quality Control (QC) Hasbro emang  payah ya?

Sebelumnya dapat Falcon dengan decal kumis jenggotnya yang ‘gak presisi.

Bisa saja komplain pada seller-nya lalu minta tukar dengan yang lebih baik, tapi malas, selama masih bisa dibetulkan sendiri terima dan pasrah sajalah…:D

Mungkin level bikin action figure di sana sama dengan bikin gorengan di sini kali ya? Massive, serupa, tapi tak sama, mencong bleber-bleber sedikit wajar namanya juga industri pabrik, sigh….

Perbaikan

Defect berupa semacam sayatan yang merekah dekat lubang sendi, lubang sendinya pun bleber, secara estetika jelas ‘gak enak lihatnya, kalau dari segi fungsi masih bisa bisa digerakan dan lumayan seret.

Sayatan tersebut harus direkatkan dengan cara mencelupkan bagian yang akan diperbaiki ke dalam air panas, lalu buka pasak sendinya, keringkan bagian tersebut, ketika bahan plastiknya masih lentur permukaan rekahan itu dikasih lem Alteco secukupnya, lalu rekatkan, tunggu beberapa lama.

Hasilnya lumayan, tidak bisa benar-benar rapat, hanya memperkecil rekahannya saja. Kalau mau sisa rekahan itu ditambal pakai epoclay terus dicat.

Defect

Selain pada sendi lutut defect juga ada di bagian wajah, terutama pada pertemuan wajah dan rambut yang terlihat renggang, selain itu pada bagian pipi dekat telinga ada semacam bekas cetakan.

Setelah ditelusuri dari review dan penampakan foto-fotonya di internet, ternyata kedua defect itu ditemukan pada hampir semua figur Invisible Woman yang dirilis Hasbro.

Menurut SHARTIMUS PRIME sclupt wajahnya diambil dari figur Enchantress yang dimodifikasi, sedangkan badannya dari mold Kate Bishop, kedua kombinasi itu membuat kepala Invisible Woman terlihat terlalu besar dan ‘gak proporsional.

Jika benar demikian, hal itu bisa menjelaskan tanda aneh yang terdapat di pipi dekat telinga kiri dari Invisible Woman, karena pada kepala Enchantress bagian tersebut ditutupi oleh semacam “wimple” (tudung), bisa jadi tanda aneh di pipi invisble Woman adalah bekas mold tudung dari Enchantress.

Action Figure Fantastic Four, Hasbro

Tahu action figure Invisible Woman (Susan “Sue” Storm) bakal dirilis Hasbro dari teman, benar-benar antusias pingin! Karena selama ini saya selalu gagal mengumpulkan action figure Fantastic Four, mulai dari Marvel Showdown, vintage 5”, dan figur 6” versi komik atau versi film karena berbagai alasan entah ‘gak ada duit atau memang ‘gak minat mengumpulkan versi tersebut sama sekali.



Fantastic Four adalah salah satu tokoh komik favorit, tahu superhero kwartet itu pertama kali di Majalah HAI terus lewat komik klasik hitam putih terbitan Elex Media Komputindo, film kartun, dan versi film live action. Sempat dikasih komik digital terbaru dari tokoh ini beberapa tahun lampau, tapi karena saat itu komputernya sering rusak jadi ‘gak terlalu mengikuti cerita modern dari Fantastic Four.

Lepas dari masalah hak paten dari Fantastic 4 yang berimbas pada peredaran merchandise action figure, dengan keluarnya action figure Invisible Woman bagi sebagian fans patut disyukuri. Sempat was-was tentang konsistensi mereka dalam mengeluarkan seri Fantastic 4, karena:

Pertama masalah hak cipta, FOX memiliki hak cipta dari Marvel, ketika Marvel merasa hanya punya sedikit hak atas satu karakter yang telah diakusisi, maka mereka konsentrasi kepada yang lebih besar, imbasnya perhatian pada Fantastic Four dan X-MEN berkurang termasuk pembuatan merchandise dengan tema tokoh tersebut, sebagai contoh action figure dari beberapa seri film X-MEN dan Fantastic Four tidak dibuat selama bertahun-tahun, terakhir Toybiz membuatnya pada 2009 lalu.

Namun setelah sekian lama akhirnya action figure dari kedua karakter yang dipunyai haknya oleh FOX yaitu Fantastic Four dan X-MEN dibuat, namun lagi-lagi baru sebatas versi komik.

Diawali dengan action figure produksi Hasbro Seri Legend Series: Namor pada 2015, saat itu belum “ngeuh” akan dilanjutkan dengan dirilisnya figur Fantastic Four pada akhir 2016, lalu dilanjutkan oleh Marvel Legends Series X-MEN BAF Juggernaut Wave pada 2016.

Semoga ‘gak ada konflik lagi antara FOX dan Marvel yang mempengaruhi minat fans pada tokoh-tokoh tersebut.

Kedua tentang penampakan action figure pertama yang membuat lega sekaligus bikin khawatir dan cemas karena tampilan pertama dari action figure Fantastic Four adalah Invisible Woman disertai H.E.R.B.I.E. (Humanoid Experimental Robot, B-type, Integrated Electronics).

Alih-alih menyertakan BAF atau aksesori pendukung berupa efek medan telekinesis malah H.E.R.B.I.E. yang disertakan, dengan munculnya H.E.R.B.I.E. apakah Human Torch ‘gak akan dibuat? Kalau begitu malas banget mengumpulkan action figure-nya.

Seperti yang diketahui formasi Fantastic Four selama ini sering berubah-ubah, H.E.R.B.I.E. muncul pertama kali menggantikan Human Torch di film kartun pada 1978 dengan alasan tokoh Human Torch bakal dibuat film solonya karena asal usul Human Torch bukan dari Fantastic Four.

Selain itu ada mitos ketakuatan pengaruh tokoh Human Torch bakal membuat anak-anak membakar dirinya untuk meniru karakter yang mereka idolakan, jadi dengan demikian apakah action figure yang dirilis Hasbro saat ini adalah formasi kartun tanpa Jonathan "Johnny" Storm (Human Torch)? Soalnya H.E.R.B.I.E. tampil juga dalam versi komik.

Tapi selang beberapa lama Hasbro merilis foto official action figure Human Torch! Jadi sedikit lega, ya sedikit! Karena foto promosi Reed Richards (Mr. Fantastic) dan The Thing (Ben Grimm) masih belum muncul.

Hasbro Marvel Legends Walgreens Fantastic Four Action figure Invisible terdiri dari figur Invisible Woman, H.E.R.B.I.E., tangan, dan clear stand kiri cadangan. Sendi terdiri dari sendi leher, sendi bahu, siku, pergelangan tangan, torso, selangkangan, paha, lutut, dan pergelangan kaki.

Mr. Fantastic

Setelah dibikin lega dengan dibukanya PO (Pre Order) Fantastic Four: Human Torch, akhirnya yang ditunggu muncul juga, Reed Richard atau Mr. Fantastic action figure! Namun Hasbro masih bikin deg-degan karena Ben Grimm/The Thing belum muncul foto promosinya.

Takutnya The Thing dibikin eksklusif atau BAF, semoga jangan! Karena seri Fantastic Four ini ‘kan Walgreens exclusive tanpa BAF, cuma ada aksesori saja, keterlaluan saja kalau dibikin BAF.

Menurut kabar The Thing masih dalam pengerjaan, untuk sementara penampakan The Thing hanya memakai ilustrasi pada preview SDDC 2017 lalu. Mr. Fantastic akan disertai aksesori berupa tangan cadangan versi normal dan senjata Nullifier. Tinggi sekitar 6”.

Alert 24 Februari 2018!

Ada rumor bahwa saturasi warna biru antara Mr. Fantastic dan Invisible Woman berbeda, Mr. Fantastic lebih biru tua sedangkan Invisible Woman cenderung biru muda dengan nuansa kehijau-hijauan (biru pirus).

Karena belum melihat wujud figur Mr. Fantastic langsung saya telusuri lewat google, ternyata memang sedikit beda (panah no. 1), bedanya tidak terlalu kentara, bahkan warna biru bagian betis Mr. Fantastic dengan bagian paha dan badan atas tampak berbeda (panah no. 2)! Ada kesan betis sampai pergelangan kakinya diambil dari figur Invisible Woman. (Sumber Foto: Marvelous News).

Entahlah, kalau benar agak mengecewakan karena warna kostum sangat penting untuk menunjukan bahwa figur tersebut satu produksi bukan beda pabrik atau merek.

Human Torch ‘gak masalah karena penampakannya berupa api merah membara, sedangkan The Thing warna celananya harus sesuai, kalau enggak The Thing dari produsen lain bisa disandingkan dengan edisi Walgreens ini, selain itu kurang pas juga sih, kesannya tidak harmonis dan satu kesatuan.

Solusinya? Memang susah untuk mencampur warna biru dari kostum Fantastic Four edisi Walgreens ini, paling yang tetap dipertahankan warna Mr. Fantastic, selebihnya berharap Walgreens merilis Invisible Woman dalam versi bening/transparan, kalau pun tidak dirilis paling bikin recast-nya sendiri 😄, malah tambah ribet yak?

Sedangkan untuk celana The Thing apabila tidak matching paling di-repaint, karena sedikit bagian yang perlu direpaint jadi relatif lebih “enteng” daripada harus me-repaint badan Invisible Woman atau Mr. Fantastic. Bisa juga ditutupi dengan jas coklat dari The Thing versi Toy Biz.

Alert 8 Maret 2018!

Setelah ditunggu-tunggu akhirnya figur Mr. Fantastic datang juga kemarin, tinggal tunggu The Thing, semoga Johnny Storm, Invisible Woman, dan She-Hulk versi kostum F4 solid dibikin. Ternyata beberapa perbedaan kecil yang telah di-review di internet memang benar, nitpick sih, di antaranya:

1. Warna biru antara Mr. Fantastic & Invisible Woman beda sedikit, biru Mr. Fantastic lebih tua, biru Invisible Woman lebih muda, tapi perbedaannya tidak begitu kentara, anggaplah biru Invisible Woman memudar karena mau menghilang 😄

2. Dekal simbol F4 warnanya beda, warna simbol F4 pada Mr. Fantastic solid, sedangkan pada Invisible Woman ada semacam “tone ruster”/berbintik. Ukuran sama.

3. Warna betis Mr. Fantastic berbeda sedikit dengan warna bagian tubuhnya yang lain, warnanya mirip biru pada Invisible Woman, tapi mold-nya beda.

4. Tangan cadangan Mr. Fantastic sama dengan Mr. Fantastic dari seri BAF “Ronan the Accuser”, bisa ditekuk sekadarnya.

5. Kepala Steve Roger dari ML Winter Soldier, atau The Avengers Age of Ultron tidak bisa masuk ke peg leher Mr. Fantastic karena peg hole kepala Steve Roger lebih kecil.

Selebihnya Figur Mr. Fantastic memang benar-benar oke! Mold torso baru, aksesori berupa Nullifier cukup bagus, warnanya tidak segelap yang tampak pada review di youtube atau blog luar, warnanya cukup terang jadi lumayan otentik komik.

Untuk figur The Thing, saya tidak terlalu antusias, karena ada kekhawatiran figurnya akan over size, padahal kalau lihat di komik klasik Fantastic Four The Thing tidak terlalu tinggi, tapi memang lebar, jika ada yang complaint tentang ini setelah nonton film Fantastic Four 2005 harap maklum saja, mungkin acuannya komik Fantatic Four yang digarap Jim Lee.

Paling warna celana The Thing dari Marvel Legends Legendary Rider Series Super Poseable-1st Appearance THING 2005 di-repaint supaya cocok dengan warna biru Mr. Fantastic, karena bagi saya ukurannya pas dengan anggota Fantastic Four lainnya.

Untuk sementara wait and see saja sampai ada penampakannya dalam packaging di toko-toko dan review dari kolektor yang ada di Youtube atau blog, jika recommended patut dipertimbangkan untuk beli.



Yes, penampakan anggota terakhir dari kwartet superhero dari Marvel ini keluar! Sebenarnya foto promosi The Thing ‘dah lama beredar, foto promosinya muncul sekitar bulan Maret atau April 2018 di internet, tapi saya belum yakin betul dengan penampakan tersebut karena foto promosi cenderung sudah “dipoles” agar tampak menarik jadi kurang representatif untuk dijadikan acuan.
Human Torch

Waktu lihat foto promosinya rasanya "meh", terutama pilihan warna merah kepala dan badan beda, apalagi lihat versi foto bocorannya di internet, perbedaan kepala dan badannya kontras sekali, tapi pas lihat produk aslinya keren!

Sayang kualitas figur ini kalau difoto selalu “lasut”, kamera saya tidak bisa menangkap efek plastik bening yang terkena cahaya matahari atau lampu, apa yang dilihat mata dengan kamera benar-benar beda, figur human torch ini terlihat oke jika dilihat langsung.

Alert 20 Juni 2018!

Masih menunggu penampakan figur The Thing ditangan pembeli langsung atau setidaknya penampakan di display tokonya bersama figur Fantastic Four Walgreens lainnya. Penantian itu tiba! Di Facebook ada yang upload foto The Thing versi ready stock di toko!

Meeeen, di foto itu figur The Thing malah tampak lebih oke dibandingkan dengan foto promosinya, entahlah positif thingking saja. 😃

Warna oranyenya pas, ‘gak terlalu karamel kayak di foto promosi, proposinya pas tidak terlalu besar dan tidak lebih tinggi dari Hulk, kecenderungan warna biru pada celananya lebih mengikuti warna Biru Reed Richards (Mr. Fantastic), bentuk kepalanya ternyata oke-oke saja dilihat dari sudut pandang lain, pada foto promosi kepalanya tertunduk jadi terlihat ”meh”, pokoknya sejauh ini tampak memuaskan sesuai dengan harapan saya, figur The thing ini keren 😎! Jadi ‘gak sabar ngelunasin PO-annya 😃……

No comments:

Post a Comment