Friday, April 21, 2017

Cloak and Dagger

Cloak and Dagger

Cloak (Tyrone “Ty” Johnson) dan Dagger (Tandy Bowen) adalah pasangan tokoh komik dari pnerbit Marvel Comics hasil kreasi dari penulis Bill Mantlo dan ilustrator Ed Hannigan. Muncul pertama kali di komok “Peter Parker, the Spectacular Spider-Man #64 (Maret 1982).

Ty (17 tahun) dan Tandy (16 tahun) bertemu saat mereka dalam pelarian di kota New York. Alasan Ty meninggalkan Boston, Massachusetts karena Ty menderita gagap sehingga dia tidak bisa mencegah polisi menembak temannya yang disangka telah merampok toko.

Tandy berasal dari keluarga kaya raya di Shaker Heights, Ohio, namun ibunya tidak perhatian dan terlalu sibuk untuk menghabiskan waktu bersamanya.

Keduanya bertemu saat Tyrone mencoba mencuri tas milik Tandy namun keduluan oleh orang lain, setelah orang itu berhasil dibekuk oleh Ty tas itu dikembalikan pada Tandy. Kejadian tersebut membuat mereka menjadi teman.

Tandy sangat naif dan lugu, saat orang asing menawarkankannya tempat berteduh Ty berusaha melindunginya.

Kedua remaja pelarian itu lalu dikirim paksa pada ilmuwan jahat bernama Simon Marshal yang sedang menciptakan heroin sintetis untuk dijadikan bahan percobaan. Heroin itu rencananya akan dikirim ke Silverman dan Maggia. Hasilnya sungguh fatal di luar dugaan mereka mampu selamat dari suntikan heroin itu, keduanya lalu melarikan diri.

Selama pelarian itu heroin dalam diri mereka mengubahnya menjadi manusia berkekuatan super, Tyrone mendapati dirinya menyatu dengan galap dan membuatnya merasa “lapar”, rasa itu bisa hilang oleh cahaya yang dipancarkan oleh Tandy.

Tyrone menyembunyikan wujud barunya dengan memakai jubah, dia lalu menyerap Marshal ke dalam kegelapan sementara Tandy menusuknya dengan bilah cahaya yang terbuat dari pancaran dirinya.

Keduanya memulai aksi menyelamatkan remaja yang sedang dalam pelarian, dan menyatakan perang terhadap kejahatan narkoba. Pasangan remaja itu dikenal dengan nama “Cloak & Dagger”.

Kekuatan Cloak & Dagger

Cloak mampu memanipulasi kekuatan gelapnya untuk menciptakan gerbang kegelapan dan mengirimkan orang-orang ke dalam dimensi kegelapan. Dia juga bisa melakukan perpindahan dirinya beserta orang lain melalui dimensi kegelapan ke lain tempat.

Cloak selalu merasa lapar, rasa itu bisa hilang oleh cahaya yang dipancarkan oleh Dagger atau sumber cahaya dari korban yang ditelannya ke dalam kegelapan. Setelah sekian lama Cloak bisa mengendalikan rasa lapar tersebut.

Dagger bisa membuat bilah cahaya, pancaran cahaya dari tubuhnya bisa membuatnya bepergian ke mana saja, bilah itu bisa menyengat tubuh seseorang ketika bersentuhan. Bilah cahayanya juga bisa menyembuhkan orang dari kecanduan.

Cahaya dari Dagger bisa memberi makan Cloak, dengan begitu bisa mencegahnya dari kelebihan cahaya yang membahayakan dirinya. Pasangan superhero ini menguasai pertarungan jalanan. Dagger mempunyai kemampuan bertarung dengan menggunakan kekuatan cahaya dan keahliannya sebagai penari Ballet.

Cloak & Dagger TV Series

Dibintangi oleh Olivia Holt dan Audrey Joseph, ceritanya mengenai pasangan remaja yang mempunyai kekuatan super dan dibumbui oleh hubungan kisah kasih asmara.

Akan dibuat sebanyak 10 episode dan mulai tayang pada 2018. Mulai syuting pada Februari 2017 di New orleans. Diproduksi oleh ABC Signature Studios dan Marvel Television dan merupakan bagian dari Marvel Cinematic Universe (MCU).

Sinopsis

Tandy Bowen dan Tyrone Johnson adalah dua remaja dengan latar belakang berbeda yang mendapatkan kekuatan super dan terlibat hubungan asmara, mereka sadar bahwa kekuatannya akan berfungsi baik apabila mereka bekerjasama, akan tetapi hubungan mereka yang rumit membuat keadaan menjadi lebih sulit.

Pemeran
  • Olivia Holt sebagai Tandy Bowen / Dagger: Remaja yang mampu memancarkan cahaya menjadi bilah pisau.
  • Aubrey Joseph sebagai Tyrone Johnson / Cloak: Remaja yang mampu menyerap sesorang ke dalam kegelapan.
  • Andrea Roth sebagai Melissa Bowen: Ibu Tandy yang optimis.
  • Gloria Reuben sebagai Adina Johnson: Ibu Tyrone yang selalu ingin anaknya mempunyai kehidupan yang baik.
  • Miles Mussenden sebagai Michael Johnson: Ayah Tyrone yang selalu berusaha menghidupi keluarganya.
  • Carl Lundstedt sebagai Liam: Teman Tandy dalam kejahatan sekaligus pacarnya.
  • James Saito sebagai Bernard Sanjo: Teman Tyrone.
  • J.D. Evermore sebagai Connors: Sebagai detektif yang mempunyai rahasia.

Update 2 Juli 2109

Action Figure

Waw, hampir dua tahun yang lalu bahas Cloak and Dagger dan baru sekarang baru punya action figure-nya, Hasbro baru merilis action figure Cloak and Dagger sekitar pertengahan 2018, tidak dijual 2 pack tapi dijual terpisah, namun rata-rata seller di sini jualnya sepaket.

Itu yang bikin berat untuk mendapatkan dua figur tersebut, apalagi pas awal-awal rilis harganya lumayan tinggi.

Meskipun sudah dibikin serialnya di Netflix namun disinyalir tidak bisa mendongkrak daya tarik dua tokoh ini, padahal target audience-nya sudah pas buat remaja. Produser sudah menggubahnya sedemikian rupa dari segi alur cerita, penokohan, dan latar belakang tetap saja dinilai kurang berhasil, mungkin karena temanya sudah tak relevan dan kontekstual di zaman sekarang.

Imbasnya ke action figure, di sini harga action figure bisa murah banget kalau tokohnya tidak terkenal apalagi penjahat, walaupun kedua tokoh ini termasuk antagonis dalam dunia Marvel, namun kurang atau bahkan tidak terkenal, sehingga harga action figure Cloak and Dagger di sini perlahan-lahan turun.

Secara kualitas memang tak ada nilai plus juga sih, hanya memakai mold lama yang sama dengan figur lainnya, repaint, plus tambahan jubah dan aksesori saja.

Tak seperti The Punisher, Spider-Man, dll. komik Cloak and Dagger tampaknya tidak diterbitkan dalam bentuk terjemahan oleh penerbit lokal pada tahun 90-an, jadi pengetahuan khalayak tentang kedua tokoh ini bisa jadi kurang.

Sempat lihat komik-komik import asli yang belum diterjemahkan dijual di toko buku,  di Bandung, banyak cerita komik tokoh Marvel yang tidak terkenal seperti Deathlok, Balder the Brave dll. dijual di toko tersebut pada awal tahun 2000-an tapi waktu itu enggak lihat komik Cloak and Dagger, jadi wajar kalau dua tokoh ini kurang terkenal.

Bahkan setelah dibuat serialnya di Netflix kedua tokoh ini tetap saja kurang populer, saya sendiri mengetahui dua tokoh itu melalui buku MARVEL yang isinya membahas sejarah penerbit MARVEL pada awal 2000-an, sedangkan komik Cloak and Dagger sudah terbit pada tahun 80-an, sementara saya baru benar-benar membaca komik Cloak & Dagger sebanyak 4 volume pada tahun 2018.

Biasa saja, baca komik Cloak and Dagger tak membuat saya jadi fans beratnya, begitu pun setelah nonton serialnya di Netflix, “racun”-nya telat kali ya? Hahaha….

Mungkin tingkat popularitas menjadi bahan pertimbangan produsen mainan untuk merilis action figure dua tokoh ini.

Adalah Marvel Select yang berani merilis dua figur ini dalam satu kemasan pada September 2006 dengan ukuran 6-7”.

Well, teknisnya satu figur sih karena Cloak cuma jubah dan kepala saja tanpa badan sedangkan figur Tandy Bowen (Dagger) dibuat utuh berartikulasi, disertai aksesoris dagger, dan stand. Bahkan versi statue-nya pun dibikin oleh Marvel Select/DIamond Select.

Disusul Hasbro membuat versi action figure-nya dengan ukuran 3,75” dalam seri Marvel Universe wave 23, figur Cloak dan Dagger dijual terpisah pada tahun Agustus 2013, lima tahun kemudian Hasbro membuat action figure-nya dalam ukuran 6”.

Jauh sebelumnya Toy Biz merilis figure two pack Cloak and Dagger pada tahun 1997 ukuran 5" edisi terbatas hanya 24.000 saja.

Kabarnya serial Cloak and Dagger akan ada season 2, saya sendiri agak malas mengikutinya lagi, season pertamanya saja sudah cukup bosan dan bikin suntuk, jadi kurang antusias….

Sementara action figure-nya murah, bayangkan harga figur Cloak dan Dagger (set) sama dengan satu figur Marvel terkenal….Sayang buat dilewatkan bukan? Happy hunting :D

No comments:

Post a Comment