Saturday, May 24, 2014

Tomica: Toyota Avanza Veloz, 2014

Toyota Avanza Veloz.
Toyota Avanza adalah kendaraan mini AVP yang didesain oleh Daihatsu. Nama "Avanza" diambil dari bahasa Italia "Avanzato" yang berarti "terdepan atau tercanggih".

Diproduksi di Indonesia, di Malaysia juga ada kontrak perakitan jenis kendaraan ini di bawah Perodua untuk generasi pertama.

Daihatsu mendesain dan memproduksi kendaraannya, lalu dijual oleh Daihatsu dan Toyota dengan merek Xenia (Daihatsu) dan Avanza (Toyota). Daihatsu memasok mobilnya kepada Toyota di bawah perjanjian dagang. Mobil Avanza dirilis pada acara Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual lebih dari 100.000 unit dalam jangka waktu satu tahun.

Avanza didesain berdasarkan model "Kijang". Saat itu Toyota membagi Kijang menjadi dua katagori model untuk menjangkau sektor MPV. Melalui Kijang Innova, Toyota membuat Kijang menjadi lebih besar dan mahal.

Takara Tomy: Toyota Avanza Veloz, foto: Global Rakuten.com.
Spesifikasi Avanza didesain hampir sama dengan Kijang yang disertai sistem "rear wheeldrive", dan "body on frame design".

Selain di Indonesia dan Malaysia, Avanza dijual juga di Filipina, Thailand, Brunei, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Lebanon, Meksiko, Peru, Mesir, dan Afrika. Di Cina dijual di bawah produsen pabrik mobil FAW sampai 2010.

Avanza generasi pertama di Indonesia diluncurkan 2 model yaitu 1.3 E dan I.3 G pada 2003 sampai 2011, Avanza merupakan mobil paling laris saat itu.

Pada 2006 tampilan gril depannya diubah, begitu juga dengan bemper, interior, dan model lampu depan. Avanza 1.5 S keluaran 2006 mempunyai mesin baru dengan spesifikasi 1,5 L 16-valve, DOHC VVT-i berbahan bakar bensin, disertai anti-lock breaking system. Sedangkan 1.3 E dan 1.3 G disertai mesin 1,3 L 16-valve DOHC VVT-i berbahan bakar bensin.

Avanza Veloz

Veloz merupakan generasi kedua Avanza bersama E dan G. Dimensinya diperlebar dan ada tambahan jumlah penumpang, diluncurkan pertama kali pada 7 November 2011 di Jakarta, Indonesia.

Avanza Veloz mempunyai lampu kabut, lapisan luar bersatu dengan lampu sinyal yang mirip dengan jenis 1.5 G. Sedangkan interiornya dilengkapi DIN Audio System dan radio, CD, dan MP3 player, selain itu disertai steering switch, USB, dan AUX input. Pada Mei 2013, Toyota melengkapi semua jenis Avanza dengan pengaman berupa dual SRS airbags.

Tomica Avanza Veloz, terdiri dari 3 warna, perak, putih, dan hitam.

No comments:

Post a Comment