Wednesday, March 12, 2014

Marvel Select: Zombie Hulk

Tahu Marvel Zombies dikenalkan oleh teman lewat komik digital, lebih suka lihat ilustrasinya daripada baca ceritanya. Saat itu gak kepikiran Marvel bakal bikin versi action figure-nya.

Marvel Zombies adalah komik 5 mini seri yang diterbitkan dari Desember 2005 sampai April 2005 oleh Marvel Comics.

Ditulis oleh Robert Kirkman dengan ilustrator Sean Philips. Setting ceritanya berada dalam dunia alternatif Earth 2149 ketika para superhero terinfeksi oleh virus yang menyebabkan mereka menjadi zombie.

Virus itu berasal dari seorang superhero yang gak dikenal dari dimensi lain yang di bawa jatuh oleh “Hunger” dan menginfeksi anggota the Avengers.

Infeksi menyebar melalui kontak dengan darah korban biasanya lewat gigitan dari seorang yang telah terinfeksi.

Kecerdasan dan kepribadian superhero yang telah menjadi zombie berkurang karena pikirannya “Hunger” mengendalikan diri mereka untuk mengkonsumsi daging manusia.

Sejauh ini Marvel Zombies telah diterbitkan dalam 4 edisi dengan format trade paperback (TPB) yaitu:

  • Marvel Zombies (collects Marvel Zombies #1-5, hardcover, 136 halaman, Agustus 2006)
  • Marvel Zombies (collects Marvel Zombies #1-5, softcover, 136 halaman, Oktober 2006)
  • Marvel Zombies (collects Marvel Zombies #1-5, softcover, 1200 halaman, Oktober 2012)
  • Marvel Zombies The Covers (oleh Artgur Suydam, hardcover, Oktober 2012)

Pernak-pernik Marvel Zombies diproduksi oleh Marvel Select (Diamond Select) dalam bentuk Minimates, action figure, dan mini busts.

Wizkids Heroclix juga memproduksi versi figurine-nya antara lain: Spider-Man, Captain America, Hulk, dan Wolverine sebagai bidak catur dengan tema Supernova Expansion. Sedangkan dalam set Mutations dan Monster terdapat Iron Man, Giant-Man, Spider-Man dan Galactus yang memberikan kekuatan pada Wolverine, serta Janet Pym.

Marvel Select Zombie

Walaupun banyak tokoh superhero Marvel yang terlibat dalam cerita Marvel Zombies, namun MS hanya membuat 3 action figure ukuran 7” yaitu:
  • Zombie Hulk
  • Zombie Spider-Man
  • Zombie Colonel America
Hulk Zombie. Posenya gak segagah Hulk normal.
Dikemas dalam bungkus karton plastik yang sangat besar khas Marvel Select yang boros tempat, dijual dengan kisaran harga 20 dolar AS pada 2007.

Harga yang cukup mahal untuk satu figur saat itu, idealnya figur ini dihargai 8-10 dolar AS, beruntung jika bisa mendapatkannya dengan harga 15 dolar AS.

Figur ini disertai aksesori yang telah menjadi ciri khas Diomond Select berupa diorama detail berbentuk base bersambung yang disertai potongan tubuh Silver Surfer.

Selain itu fitur dari figur zombie ini cukup unik khususnya pada Spider-Man dan Colonel America yang bagian tubuhnya bisa dilepas-pasang.

Jika dibandingkan dengan dua figur lain, Hulk tidak sedetail Colonel America dan Spider-Man.

Sebagai zombie badan Hulk digambarkan masih lengkap hanya kulit dan dagingnya saja yang robek, bandingkan dengan Spider-Man yang kakinya tinggal tulang atau otak Colonel America yang terlihat menjijikan tanpa batok kepala.

Seperti produk Diamond Select lainnya, detail sclupt dari figur Marvel Zombie ini benar-benar mengagumkan, apalagi bagian cat, untuk produk yang sifatnya massal lumayan mengesankan.

Walaupun artikulasinya terbatas bila dibandingkan dengan action figure produsen lain, namun artikulasinya tidak untuk dikeluh-kesahkan, karena selain gak merusak proporsi badan, artikulasinya bisa membuat pose-pose aneh khas zombie. Artikulasinya terdiri dari:
  • Ball joint pada leher, bahu, siku, paha, dan lutut.
  • Pin joint pada pergelangan kaki dan pinggang.
Hulk lebih tinggi 1 inchi dari Spider-Man dan Colonel America yang mempunyai tinggi sekitar 7 inchi, dapat Hulk zombie ini di toko online belinya satu paket dengan Hulk House of M lengkap dengan base-nya.

Pertama kali lihat memang tertarik dengan desainnya yang aneh dan warnanya yang unik, hijaunya gak seperti warna Hulk biasa, lebih gelap dan pekat, disertai aksen kemerah-merahan dari efek warna kulit dan daging.

Sebagian orang lihat figur ini jijik dan biasa saja, tapi secara pribadi figur Hulk zombie ini benar-benar istimewa.



Alert 25 Mei 2014!

MS Zombie: Magneto.
Hampir 7 tahun lewat sejak Marvel Zombies Hulk, Spider-Man, dan Captain Amerika dirilis, Diamond/Marvel Select berencana merilis satu figur MS Zombie lagi yaitu Magneto pada September 2014!

Figur Magneto akan disertai aksesori standar Marvel Select berupa diorama dan potongan tangan Green Goblin memegang bom labu. Kabarnya kali ini Disney hanya mengizinkan tokoh penjahat saja untuk seri tersebut bahkan beberapa tokoh dalam Marvel Zombie akan dikurangi untuk dijadikan figur.

Marvel Zombie Magneto akan dijual 25 dolar AS, sementara 3 figur sebelumnya kini dibandrol antara 40-70 dolar AS per figur. Figur Marvel Zombie Magneto bisa di pesan/"Pre Order (PO)" sejak Maret 2014 lalu, dikirim pada Agustus 2014. 

No comments:

Post a Comment