Thursday, May 30, 2013

HW SHOWROOM: BMW 2002

BMW 2002 versi asli. Sumber: www.caranddriver.com
Pertama kali beli diecast HW Showroom: BMW 2002 inget sama mobil di tempat kerja, familiar pisan. Tapi ternyata setelah ditanyakan, seri mobil yang di tempat kerja tersebut beda dengan jenis yg dikeluarkan oleh Hot Wheels di seri HW Showroom 2013. Gak masalah walaupun keduanya beda seri tapi modelnya mirip heuheu…

Di Bandung, warna diecast BMW 2002 yg banyak beredar adalah biru, jadi bisa dianggap sebagai warna reguler, itu berarti warna variant-nya adalah hijau. Agak susah menemukan BMW 2002 hijau di toko retail biasa khususnya di Indomaret, kalau pun ada pasti sering muncul dengan kemasan versi katalog dengan harga lebih mahal dari pada versi kartu blister panjang biasa.

Tapi...Tentu saja menemukan BMW 2002 hijau ini gak sesulit menemukan diecast dari seri Tresure Hunt (TH). BMW hijau ini masih bisa ditemukan di toko retail biasa seperti Indomaret, Borma, Hypermart, Giant, dsb namun bakal gak sesering menemukan BMW biru.

Saya mendapatkan BMW 2002 hijau dari tempat-tempat tersebut, lumayan cukup untuk melengkapi koleksi seadanya heuheu. Karena dah dapat BMW 2002 hijau dg harga normal, jadi kalau kebetulan melihatnya lagi di toko retail, saya bisa dengan santai melewatkannya :P.

Gak terlalu paham dengan sistem distribusi mereka, sejauh ini sih baik-baik saja, saya masih bisa menemukan beberapa HW favorit termasuk BMW 2002 hijau ini di rak display mainan yg mereka sediakan. Jadi sejauh ini gak ada "oknum pegawai" nakal yg pernah saya dengar, indikasi ini setidaknya bisa dilihat dari HW favorit yang masih bisa ditemukan di beberapa tempat.

Saya terkejut mendengar cerita dari teman saya di luar Bandung ternyata HW BMW 2002 yang banyak beredar di sana adalah BMW 2002 hijau, tapi bukan berarti BMW 2002 biru jadi rare, yang biru juga banyak beredar. Hal tersebut terjadi pula di luar negeri sana…Kebanyakan HW BMW 2002 yang banyak beredar di "luar" sana adalah BMW 2002 hijau bukan biru.

Yah ini sih kumaha distributor saja, saya percaya produsen membuat BMW 2002 hijau dan biru sama banyaknya heuheu…

Mulai!

BMW 2002 muncul pertama kali pada 2012 pada seri 2012 New Models, terdiri dari dua variant oranye dan putih. Pada 2013 muncul lagi dengan mold yang sama tampo berbeda pada seri HW Showroom dalam warna biru dan hijau.

Hot Wheels: BMW 2002 1:64. Sumber: www.dickdavid.com
Jadi bagi teman-teman yang niat mo ngumpulin diecast, BMW 2002 patut dipertimbangkan, selain tergolong masih baru (new mold) tipe mobil ini ternyata sangat jarang bahkan mungkin gak pernah dibuat versi diecast 1:64-nya oleh produsen mainan seperti Matchbox dan Johnny Lightning.

Beberapa produsen seperti Kyosho dan Autoart sempat membuat diecast-nya dg skala 1:18, namun itu pun sulit ditemukan dan mahal. Hot Wheels mengambil kesempatan tersebut dengan mengeluarkan versi diecast 1:64 dua tahun berturut-turut.

Ya mudah-mudahan untuk masa mendatang model ini terus diproduksi dengan variasi grafis dan warna yang berbeda...;)

No comments:

Post a Comment