Monday, June 4, 2012

Manga Hulk

Haruku: Monsutaa Komikku, Hulk versi Jepang, kiri: Haruku/Hulk kanan: Dr. Araki/Bruce Banner.









Komik Hulk versi Jepang ini terbit mingguan di majalah Bokura pada tahun 1970 dengan judul "Haruku: Monsutaa Komikku" atau dalam bahasa Inggris "Hulk: Monster Comic". Komik tersebut hasil kreasi dari Kazuo Koike lahir 8 Mei 1936 dan Yoshihiro Morifuji.

Dalam komik ini tokoh Bruce Banner berganti nama menjadi Dr. Araki seorang yang selamat dari ledakan bom di Hiroshima, kedua orang tuanya tewas dalam ledakan tersebut. Dr. Araki datang ke Nevada untuk mengerjakan bom gamma.

Sedangkan tokoh Jenderal Ross, Talbot, dan Igor tetap memakai nama asli mereka, akan tetapi sobat Hulk yang bernama Rick Jones diganti menjadi Ricky Tenda ibunya asli orang Jepang ayahnya orang Amerika. Betty Ross diganti menjadi Mitsuko, meskipun Dr. Araki selalu memanggilnya dengan nama Mitchan.

Kazuo Koike, www.animevice.com.
Ceritanya biasa gak jauh dengan versi Amerikanya. Seorang ilmuwan baik hati membantu menciptakan suatu benda (bom gamma) yang mengerikan, benda itu meledak dihadapannya ketika dia sedang menyelamatkan seorang pemuda (Tenda). Mata-mata Rusia yang seharusnya menahan bom itu malah menolak. Akibat ledakan itu Dr. Araki berubah menjadi monster yang hanya kenal rasa sakit dan marah.

Sebenarnya dalam versi ini penyebab transformasi Dr. Araki ke Hulk belum diketahui, ada adegan Ricky Tenda mengibaskan sapu tujuannya untuk menghalangi sinar matahari, hal itu bisa mencegah Dr. Araki berubah menjadi Hulk, upaya tersebut berhasil.

Sepertinya komik ini diadaptasi dari komik Marvel edisi awal ketika perubahan Hulk bukan berdasarkan rasa marah akan tetapi disebabkan oleh perubahan siang dan malam.

Ilustrasinya begitu rapih dengan sedikit pengaruh dari Tezuka yang ditandai oleh penggambaran karakter perempuan, anak-anak, dan mulut. Ada kalanya Morifuji bereksperimen dengan bebas melalui sapuan kuasnya di beberapa bab. Efek bayangan kadang-kadang memakai teknik kuas basah, arsiran, dan bloking solid dengan memakai tinta.

Adegan perkelahiannya ditampilkan dalam pergerakan cepat melalui teknik garis. Sangat mudah untuk diikuti, panel besar memberikan Morifuji keleluasaan untuk melakukan adegan yang menarik dalam panel itu.

Dalam komik Hulk versi Jepang ini terdapat sound effect berbahasa Inggris seperti "BOOOM!" atau "THWOOMF!".  Cukup banyak adegan yang memakan spread dua halaman dalam penuturannya yang membuat cerita Hulk versi Jepang ini makin menarik.

Adaptasi Komik Hulk.
Gaya berbusana dalam komik ini cukup rapi. Tokoh-tokohnya banyak yang memakai overcoat, blazer, dan trenchcoat. Tokoh yang gak memakai jenis busana di atas agak terlihat kuno tapi gak terlalu ketinggalan untuk zaman sekarang. Ricky  lumayan terlihat modern, Mitsuko yang memakai terusan rompi hangat pada keseluruhan  komik ini terlihat serasi.

Komik ini tersedia dalam bahasa Jepang dengan tulisan kanji, akan lebih enjoy jika tulisannya dalam bentuk latin berbahasa Inggris. Dari kecil Dr. Araki mempunyai masalah sejak kedua ortunya meninggal akibat ledakan bom di Hiroshima. Hal itu membimbingnya ke dalam konflik ketika dia harus membuat bom. Selain itu ada adegan pernikahan yang meriah.

Dilihat dari nomor halamannya yang telah banyak hilang, komik ini susah untuk didapatkan kembali mengingat usianya telah hampir 40 tahun sejak diterbitkan oleh majalah Bokura. Penerbit tsb bahkan dah tutup dari bisnis ini sejak 1971.

Sejauh ini belum dapat hasil scan dari komik Hulk versi Jepang ini...Link yang dikasih kebanyakan gak bisa ditemukan alias broken link gak apa-apalah asal jangan broken heart *halah*.

Sumber: 4thletter.net

No comments:

Post a Comment