Tuesday, February 20, 2018

Fantastic Four Movie Action Figure Toy Biz

Merintis kumpulkan anggota Fantastic Four versi komik edisi Walgreens, eh malah tersusul oleh versi filmnya. Figur ini berdasarkan film Fantastic Four 2005 yang diproduksi oleh Toy Biz, pada 2007 film tersebut dibuat sequelnya dengan judul Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer, kali ini mainan action figure-nya dibuat oleh Hasbro.

Dulu mainan Fantastic Four produksi Toy Biz ini banyak beredar di Indonesia baik dalam bentuk MOC (mint on card) atau loose, saat itu pertama kali kenal action figure Fantastic Four movie ini dari teman, dia bawa figur Fantastic Four komplit beserta aksesorinya.

Figur Fantastic Four tersebut adalah figur film berdasarkan komik yang saya kenal pertama kali selain Wolverine dalam film X-MEN. Wujudnya benar-benar mirip dengan aktor dan aktris di film tersebut, sempat kabita untuk mengumpulkan, tapi saat itu masih pengangguran dengan penghasilan tidak jelas jadi lebih baik buat makan mie dan kopi saja hahaha….

Harita ngumpulin figur seringnya loose-loose-an, murah, walaupun seringnya tidak lengkap tanpa aksesori, pernah dikasih juga, bonus pembelian barang, dan lain-lain. Beli yang disuka, dan menghindari mengumpulkan figur berdasarkan tim.

Setelah nonton filmnya timbul niat untuk mengumpulkan Fantastic Four, pasti susah dan perlu kesabaran, setelah dicoba ternyata memang betul, karena itulah saya jadi malas mengumpulkan figur berdasarkan tim.

Saking lamanya sampai lupa kapan figur Fantastic Four yang pertama kali dibeli, kalau tidak salah sebelum tahun 2010, saat itu dapat figur Invisible Woman (Sue/Susan Storm) semi transparan dengan artikulasi terbatas dan ada semacam fitur lubang tempat memasukan air yang mengganggu estetika figur.

Ternyata figur Invisible Woman itu dari seri 3 “Fantastic Four Power Blast Invisible Woman” produksi Toy Biz, 2005, aksesorinya berupa tabung yang bisa diisi air serta selang yang bisa dihubungkan dengan lubang di punggung untuk menyemprotkan air melalui tangan kirinya.

Secara estetika efek transparannya terlihat keren dan kalau disandingkan dengan Reed Richard (Mr. Fantastic) tampak lebih serasi dan proporsional dibandingkan dengan Invisible Woman Power Blast dari seri 1 versi solid yang ukurannya tampak lebih kecil dan terlalu ramping meski pun memang artikulasinya jauh lebih banyak.

Wajah Invisible Woman Power Blast seri 3 ini lebih mirip Jessica Alba pemeran Invisible Woman di film Fantastic Four, wajah seri 1 memang mirip tapi wajahnya terlalu kecil dan tembem. Andai ukurannya kepalanya sama mungkin bisa di-head swap, itu pun jika peg hole-nya seukuran.

Dari dulu harga figur Invisible Woman Power Blast seri 3 dalam keadaan loose tanpa aksesori ini tidak sampai Rp 100.000 malah ada yang jual Rp 35.000-an. sekarang pun sering lihat seller mainan yang jual figur tersebut.

Selama itu sempat kepoin figur anggota Fantastic Four lainnya, tapi sering sial, alasannya macam-macam mulai dari duitnya yang tidak ada, keduluan, dijual set only, dan sebagainya pokoknya selalu ‘gak jodoh. Semangat jadi melempem, dan niat untuk mengumpulkan tim Fantastic Four perlahan pupus….

Suatu saat pas bersih-bersih figur ketemu figur Hulk movie 2003 versi Ang Lee, seri figur Hulk ini ada yang bilang kurang diminati karena berbagai macam alasan, tapi aku beli saja karena Hulk bisa dipasangkan dengan figur lain, jadi kepikiran lawan The Thing versi film kayaknya oke juga, akhirnya setelah hunting sana-sini dapat juga figur The Thing dengan harga terjangkau, sayang fiturnya sudah tidak berfungsi, namun artikulasinya masih bagus dan lengkap.

Sejauh ini sudah ada dua anggota Fantastic Four yang berhasil dikumpulkan yaitu Invisible Woman & The Thing, perlu Mr. Fantastic dan Human Torch, sebenarnya sempat menemukan dua figur itu di seller-seller belum lama ini, namun sudah tidak minat lagi, karena mau merintis mengumpulkan figur Fantastic Four versi komik dari Walgreens.

Lalu belum lama ini ada yang jual Fantastic Four Mr. Fantastic dan Invisible Woman set only, padahal saya cuma butuh Mr. Fantastic-nya saja. Budget Invisible Woman bisa buat beli Human Torch. Akhirnya dengan berat hati dan isi dompet yang ngosh-hosan set tersebut dibeli, Invisible Woman jadi punya dobel, tapi untungnya beda seri, Invisible Woman yang baru ini dari seri 1 punya artikulasi banyak & poseable, tapi agak ringkih memainkannya karena ukurannya yang lebih ramping dari figur Fantastic Four lainnya.

Singkat cerita sekarang butuh Human Torch saja, setelah hunting di berbagai toko online, akhirnya dapat di Tokopedia dengan harga lumayan "Fantastic" hahahaha....

Setelah kira-kira lebih dari satu dekade semua anggota tim Fantastic Four bisa terkumpul, terhitung murah karena kalau dibandingkan dengan harga figur sekarang figur Fantastic Four lengkap dengan aksesori (walaupun fitur tidak berfungsi) harganya hampir sama dengan harga figur MOC/loose jaman now! Tapi kalau mengingat waktu, kayaknya lebih baik mengumpulkan figur Fantastic Four versi komik dari Walgreens karena lebih pasti.


No comments:

Post a Comment