Tuesday, July 24, 2012

RIP RA Kosasih

Salah satu komikus Indonesia yang dikenal dengan nama RA Kosasih telah meninggal dunia di rumahnya, Ciputat, Tanggerang Selatan, Banten, Selasa pagi pada usia 93 tahun.

Menurut Yudowati putri Kosasih, beliau meninggal karena terjatuh akibat serangan jantung.

RA Kosasih masih disemayamkan di rumahnya Jln. Cempaka Putih III No. 2, Rempoa, Ciputat. Sebelum dikebumikan di Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan, di sebelah makan isterinya pada pukul 12.30 WIB.

Kosasih yang bernama lengkap Raden Ahmad Kosasih adalah seorang komikus Indonesia senior. Beliau dikenal oleh para komikus lokal sebagai bapak komik Indonesia untuk karyanya yang luar biasa. Beliau bisa disejajarkan dengan Jerry Seigal atau Joe Shuster.

Karyanya mencakup berbagai macan genre dari cerita anak-anak, Romantis, Bela diri, superhero, dan wayang golek. Masterpiece-nya adalah komik wayang yang diangkat dari cerita Mahabarata dan Ramayana. Beliau membuat komik karena tertarik oleh komik luar negeri.

Karya pertamanya dipublikasikan pada 1953 yang bercerita tentang superhero bernama Sri Asih dan Siti Gahara, keduanya bisa terbang seperti Superman. Sumber: www.thejakartapost.com

No comments:

Post a Comment