Wednesday, September 28, 2016

Doctor Strange

Doctor Strange Movie

Sutradara: Scott Derrickson
Produser: Kevin Feige
Berdasarkan komik: Doctor Strange
Karya: Steve Ditko
Aktor/aktris:
Benedict Cumberbatch (Dr. Stephen Strange)
Chiwetel Ejiofor (Baron Karl Mordo)
Rachel McAdams (Christine Palmer)
Benedict Wong (Wong)
Michael Stuhlbarg (Nicodemus West)
Tilda Swinton (The Anciient One)
Tayang: 4 November 2016 (US)

Sinopsis

Setelah mengalami kecelakaan yang menghancurkan karier gemilangnya, Doctor Stephen Strange seorang ahli bedah (neurosurgeon) berkeliling dunia mencari pengobatan alternatif untuk kesembuhan tangannya, dalam perjalanan tersebut dia bertemu the Ancient One yang kelak akan menjadi mentornya dalam mempelajari ilmu sihir.

Setelah sekian lama akhirnya dia sadar bahwa sebenarnya dirinya dipersiapkan untuk menjadi Sorcerer Supreme yang harus melindungi Bumi dari kejahatan. Bersama kekasihnya Clea dan asistennya Wong, Doctor Strange siap menjalani takdirnya sebagai seorang penyihir tangguh.



Doctor Strange Komik

Pertama dipublikasikan pada Juli 1963 di Strange Tales #110. Diciptakan oleh ilustrator dan desainer karakter Steve Ditko. Diceritakan mantan neurosurgeon (ahli bedah) egois tapi brilian yang ditakdirkan untuk menjadi Sorcerer Supreme dan harus menjaga Bumi dari bahaya kekuatan jahat.

Karena kecelakaan mobil tangannya menjadi terluka parah sehingga tangannya tidak mampu untuk melakukan operasi lagi, setelah itu dia berkelana untuk mengobatinya ke segala penjuru dunia, dalam perjalanan dia bertemu dengan the Ancient One dan menjadi murid dari salah satu penyihir terkuat dan tertua tersebut.



Setelah lama berguru Stephen menjadi praktisi dalam ilmu sihir dan ilmu bela diri, selain pengetahuan sihir dan mantra, Doctor Stephen Strange mempunyai dua benda mistik yaitu jubah dan amulet yang dikenal dengan nama Cloak of Levitation dan Eye of Agamotto, kedua benda mistik itu bisa menambah kekuatan sihirnya.

Dalam aksinya Doctor Strange sering mendapat bantuan dari sahabat, asistennya bernama Wong, dan sejumlah objek sihir. Doctor Strange tinggal di mansion Sanctum Sanctorum di kota New York, di kota ini Doctor Strange mendapatkan gelar sebagai Sorcerer Supreme.

Doctor Strange sering menghadapi banyak musuh di antaranya Baron Mordo salah seorang murid dari the Ancient One, Nightmare iblis dari Dream Dimension, dan Dormammu makhluk dari dimensi lain yang dikenal dengan nama Dark Dimension.

Selain ilmu sihir Doctor Strange juga dibekali ilmu bela diri dan bisa menggunakan senjata sihir seperti pedang dan kapak.



Kekuatan Doctor Strange

Doctor Strange mengambil kekuatan sihirnya dari makhluk atau benda mistik seperti Agamotto, Cyttorak, Ikonn, Oshtur, Raggadorr, dan Watoomb yang bisa menuntunnya ke dalam bentuk energi sebagai kekuatan mantra.
Selain itu kekuatan Doctor Strange berasal dari artefak mistik seperti: 
  • Cloack of Levitation bisa membuatnya terbang
  • The Eye of Agamotto sinar dari amulet ini bisa menangkal kekuatan sihir jahat
  • The Book of the Vishanti berisi tentang pengetahuan sihir baik (white magic)
  • Orb of Agamotto kristal yang digunakan untuk mengetahui suatu objek, orang, atau lokasi lewat persepsi (clairvoyance).
Dr. Strange 1978

Sebelum versi layar lebar film Doctor Strange pernah tayang di film televisi berjudul "Dr. Strange" pada September 1978 di CBS bersama film berdasarkan tokoh dari Marvel lainnya yaitu The Amazing Spider-Man dan The Incredible Hulk. Sayangnya pihak CBS tidak membuat versi serial TV-nya.

Dibintangi oleh Peter Hooten sebagai Doctor Strange, di film ini Doctor Strange bukan sebagai ahli bedah, tapi sebagai psikiater. Jalan cerita dan tokohnya sedikit berbeda dengan versi komiknya.

No comments:

Post a Comment