Sunday, April 20, 2014

Maisto Fresh Metal: Toyota Celica GTS, 2012

Nama: Toyota Celica GT-S
Desainer: Toyota
Skala: 1:64
Produksi: Maisto
Harga: Rp 16.000- Rp 23.000

Maisto: Toyota Celica GTS, 2007.
Malam ini Alfamart ngasih kejutan berupa diecast Maisto Fresh Metal 1:64-Toyota Celica GTS merah!

Kalau gak salah item ini beredar pada 2012, jadi termasuk barang lama nih ehehe…Celica dari Maisto ini pertama kali dirilis pada 2005, sejauh ini variant warna yang baru diketahui ada 2 yaitu merah dan kuning.

Castingnya lumayan detail dan otentik. Di bagian depan kap mobil terdapat logogram Toyota yang cukup rapih dan presisi, begitu juga di bagian belakang, terdapat logotype Toyota di sebelah kiri, di sebelah kanan terdapat logotype GTS.

Lampu depan dicat putih perak tanpa disertai detail dari dekal atau stiker, tapi segitu juga lumayan bila dibandingkan dengan Toyota Supra dari Hot Wheels yang dibiarkan polos bin plontooos!

Pelek bannya unik, gak seperti model aslinya yang rata-rata menggunakan pelek bintang lima atau enam. Pelek pada diecast ini menggunakan bintang tiga dengan bidang yang cukup lebar.

Maisto: Toyota Celica GTS, 2012.
Maisto Fresh Metal 1/64: Toyota Celica GT-S Merah 2007 dan 2012

Perbedaannya terdapat pada gril, versi 2007 gril depan dan belakang dicat hitam sehingga lebih otentik, sedangkan Maisto Celica versi 2012 bagian gril depan dan belakang polos tapi tetap ditempeli logogram Toyota. Selebihnya sama saja.

Andai bisa mendapatkan Maisto Toyota Celica GTS warna kuning 2008, pasti langsung disandingkan dengan nenek moyangnya dari generasi pertama (1970-1977) '70 Toyota Celica kuning produksi Hot Wheels HW City 2013…Temanya sudah tentu "Then and Now" edisi crossover :D.

Sebenarnya pada 2014 ini Hot Wheels mengeluarkan tema "Then and Now" Toyota Corolla AE86 (then) dan Toyota Scion (now), tapi itu bahasan lain ya :D

Model Toyota GTS dari Maisto ini berdasarkan model Toyota Celica generasi ketujuh (2000-2006) yang dipasarkan di Amerika. Setelah Toyota menghentikan seri Celica mereka lalu mengeluarkan model jenis baru yaitu Scion.

Sekilas Toyota Celica GTS

Toyota Celica generasi ketujuh gak pake turunan *halah*.
Celica berasal dari bahasa latin "coelica" yang berarti "surga" atau "langit". Toyota Celica diproduksi oleh Toyota Motor Corporation, Jepang sejak Oktober 1970 hingga April 2006. Selama 36 tahun, terdapat 7 generasi Celica yang pernah dibuat, dengan total kumulatif produksi lebih dari 4,1 juta unit.

Hanya ada dua model Celica generasi terakhir yaitu ZZT230 bermesin 1.8 liter 1ZZ-FE VVT-i, dan ZZT231 bermesin kemampuan tinggi 1.8 liter 2ZZ-FE VVTL-i.

Versi VVT-i disebut GT di Amerika, atau SS-I di Jepang, sedangkan yang bermesin VVTL-i adalah GT-S di Amerika, atau SS-II di Jepang. Di Australia semua model bermesin 2ZZ-GE, baik untuk model SX dan ZR.

Transmisi untuk Celica yang bermesin 1ZZ-FE adalah 5 speed manual, 6 speed manual, atau 4 speed automatic. Sedangkan yang bermesin 2ZZ-GE menggunakan transmisi 6 speed manual atau 4 speed tiptronicautomatic dengan shift button di kemudi.

Celica ini lebih kecil dan lebih ringan dari generasi sebelumnya, sehingga memberikan perbandingan tenaga dan beban yang baik dan lebih gesit. Jarak sumbu roda yang lebih panjang dan overhang depan yang lebih pendek juga membuatnya lebih stabil.

Dengan dibukanya kran import mobil di Indonesia pada akhir tahun 1999, Celica ini banyak masuk ke Indonesia. Model yang beredar disini adalah SX dan ZR dari Australia, serta SS-I dan SS-II dari Jepang.

Celica dari Australia memiliki lampu sign di fender depan dan manual AC. Sedangkan Celica Jepang hadir dengan lampu indicator di bumper depan dan AC dengan digital climate control untuk model SS-II.

Optional untuk Celica adalah Elegant Sports Package dan Mechanical Sports Package. Elegant hanya diberi tambahan spoiler bawah, sedangkan Mechanical memiliki bumper depan yang berbeda dengan grille yang lebih besar, serta full body kit termasuk spoiler di bonnet dan bagasi yang lebih tinggi.

Maisto Fresh Metal 1/64: Toyota Celica GTS, 2012 dari Alfamart.
Di Eropa semua Celica menggunakan transmisi 6 speed manual. Model bermesin 1ZZ-FE dipasarkan dalam trim level 1.8 VVT-i Standard, Style, dan Premium. Sedangkan yang setara dengan GT-S atau SS-II bermesin 2ZZ-GE disebut 1.8 VVTL-i T-Sport. Pada tahun 2005, juga dipasarkan Celica GT versi Eropa. Ini adalah T-Sport yang diberi body kit dan velg alloy lebih besar, dan tidak sama dengan GT di Amerika. 2005 adalah tahun terakhir Celica di Amerika. Produksi Celica berakhir pada bulan April 2006. Celica produksi tahun terakhir ini hanya dijual di Jepang. (Sumber: Wikipedia).

No comments:

Post a Comment