Sunday, May 15, 2011

Planet Hulk

Marvel Legends Annihilus Series: Planet Hulk. 
Aksesori berupa tameng, helm, dan bantalan bahu berduri, 
kapak diambil dari aksesori King Hulk.
Apa yang membuat figure Planet Hulk begitu bernilai? Cek saja harga figure loose ini di FB dan Forum...Waw! Hampir seharga Hulk Icon loose, padahal ukuran Hulk Icon lebih besar dan berbobot tingginya sekitar 30 cm, sedangkan Planet Hulk tingginya kurang lebih 15 cm.

Harga

Harga MOC di US kurang lebih 10 dolar, atau sekitar Rp 100 ribu, itu tahun 2007-an, klo dihitung ongkir dari US ke Indo 20-30 dolar, jadi harga ideal figure Planet Hulk adalah Rp 300-400 ribu!

Bagaimana dengan harga di retail? Bisa jadi lebih murah sedikit :D, tp klo gak salah seri Annihilus gak masuk Indonesia. Ditahun 2011 dengan harga segitu cuma dapat loose tanpa BAF kepala Annihilus :P, mungkin karena figure masuk ke dalam barang koleksi jadi harganya makin lama makin mahal T_T.

Produsen

Sejak diambil alih Hasbro, ada yang mengatakan kualitas seri Marvel Legends (ML) Hasbro detail sculpt dan cat makin berkurang. Hasbro mengurangi cost produksi untuk mengambil keuntungan. Sedangkan Toybiz berusaha untuk memenuhi apa yang ingin fans mau. Pengurangan cost ini diakibatkan oleh mahalnya harga minyak sebagai bahan baku pembuatan figure.

Walaupun mengorbankan beberapa elemen seperti artikulasi, detail sculpt, cat, dan aksesori tambahan, figure Marvel Legends keluaran Hasbro tetap ajah mahal. Misalnya kostum Hulk versi komik yang seharusnya memakai rok ala gladiator tetapi di versi figurenya hanya memakai celana ketat saja tanpa disertai detail kerutan apalagi efek shading dalam pengecatannya :P

Cetakan/mold Planet Hulk

Kiri: Planet Hulk, Hasbro, kanan: War Hulk, Toybiz.
Klo lihat figurnya, Planet hulk tampak seperti figure Hulk buatan Toybiz lainnya, bahkan ada figure Hulk buatan Toybiz yang bisa dikatakan lebih baik dari figure Planet Hulk buatan Hasbro, jadi apa yang membuatnya istimewa?

Perhatikan aksesorinya berupa perisai, helm model gladiator/tentara Roma, dan bantalan dipundaknya! Sculptnya keren! Benar-benar detail!

Mari kita bandingkan dengan War Hulk keluaran Toybiz yang mempunyai banyak aksesori. Aksesori War Hulk lebih banyak, terdiri dari perisai di kedua tangan, pedang, armor, dan topeng. Cukup otentik dengan komiknya, detail sculptnya lumayan detail dan bertekstur, dan yang membuatnya istimewa adalah paint job! Baik aksesori atau figurnya digarap dengan baik, terdapat efek wash, gradasi, dan efek-efek pertempuran yang dikejar lewat naunsa cat! Keren banget untuk ukuran produk masal!

Dari segi detail sculptnya, aksesori Planet Hulk keren, cuma sayang gak diimbangi dengan paint job yang oke, jadi tampak datar, padahal tekstur ornamen dari aksesori tsb detailnya minta ampuuun, walaupun paint jobnya biasa ajah tetapi dengan bantuan pencahayaan ruangan yg oke aksesorinya jd terlihat keren.

Momentum

Bisa jadi lini ML wave 1- Annihilus Series (2007) merupakan tonggak sejarah penting yang turut andil dalam mendongkrak nilai dari sebuah figure :D, karena lini ini merupakan lini pertama ML yang dikeluarkan oleh Hasbro, setelah Hasbro mengambil alih dari Toybiz. Disinilah semuanya berawal termasuk mold dari tiap figure. Jadi bisa dikatakan moldnya asli buatan Hasbro, tidak mengambil mold lama buatan Toybiz.

Komik

Planet Hulk.
Dalam komiknya Planet Hulk diawali oleh konspirasi Iluminati untuk menyingkirkan Hulk, ini merupakan babak baru untuk cerita Hulk tahun 2000-an cukup memberikan efek luar biasa pada Dunia Marvel (belum baca komiknya sih ehehehehe), King Hulk, dan Son of Hulk, adalah perkembangan dari Planet Hulk :P.

 Entahlah Planet Hulk seakan-akan menjadi babak baru dari cerita Hulk selanjutnya. Seperti halnya sejarah negeri kita Indonesia...Babak kerajaan, penjajahan, revolusi, orde baru, dan reformasi, masing-masing ditandai dengan simbol atau ikon tertentu...Planet Hulk mewakili dari babak baru perjalanan cerita Hulk selanjutnya...:D

Owner

Berapa banyak pemilik figure Planet Hulk? Ditambah lini dari figure ini gak masuk retail di Indonesia? Apa yang mendasari orang memiliki figure ini apakah memang ingin figure Hulknya saja atau hanya incar BAF Annihilusnya ajah...Bisa berpengaruh pada harga figure Planet Hulknya juga lho...

Distribusi dan Pemasaran

Karena tidak didistribusikan melalui pasar pada umumnya, figure ini jd sulit didapat, beredar hanya di kalangan tertentu pada forum-forum tertentu, ada sisi baik dan buruknya...Menarik untuk dibahas, mudah2an saya bisa menulis lebih lanjut ttg hal ini.

Nilai Jual Tokoh

Dari kiri ke kanan: Marvel Universe Hulk green, grey, red, dan Hulk Secret Wars, 
keempatnya memakai bodi yang sama, bedanya di cetakan kepala, tangan, dan cat.
Hulk sering tampil diberbagai macam event dan lini komik keluaran Marvel, hampir tiap event dibuat figurnya bahkan ada yg sampai direlease ulang dengan desain figur lebih menarik dan modern!

Contohnya Secret Wars...Mold badan Hulk sering dipakai ulang untuk seri yang berbeda contohnya seri marvel Universe,  Mold green hulk dipakai oleh versi variantnya Grey Hulk, lalu dipakai untuk bodi Red Hulk, terus Hulk Secret Wars.

Contoh lainnya bodi dari ML 1 dipakai untuk Hulk Movie 2008 Only at Target, bahkan Bodi Hulk dari seri The Incredible Hulk Classics: Savage Hulk kabarnya dipakai untuk ML: Juggernaut. Hal yang biasa, bisa jd pertimbangannya untuk mengurangi cost produksi.

Kiri: Hulk Movie 2008 Only at Target by Hasbro, 
kanan: ML 1: Hulk by Toybiz 2002, Hulk kiri 
memakai bodi yang kanan.
Hal ini bisa dijadikan salah satu tanda bahwa tokoh Hulk memang mempunyai nilai jual tinggi, Planet Hulk dan Ultimate Ironman termasuk best seller dilini Annihilus ini. Penjualan berdasarkan karakter terkenal menjadi faktor dalam kesuksesan tsb.

ML Fin Fang Foom Series: 
King Hulk, Hasbro.
Sepengetahuan saya figure Planet Hulk untuk sementara menduduki peringkat atas harga figure Hulk 6" termahal di Indonesia, peringkat kedua ditempati figure King Hulk dari seri Fin Fang Foom, tanpa salah satu aksesorinya berupa kapak dan bagian BAF Fin Fang Foom figure King Hulk dijual di forum dan FB dengan harga fantastis!

Yaaaa...Sementara segitu dulu masih banyak faktor yang membuat figure ini begitu bernilai banyak pula faktor yg membuat figure ini tidak berarti sama sekali...Jika kamu pria dewasa, kamu pasti akan lebih bijaksana dalam menggunakan uangmu...Up to you...:)

No comments:

Post a Comment