Thursday, January 15, 2015

BAF Solomon Grundy



Solomon Grundy adalah musuh Green Lantern era "golden age" (Alan Scott) yg berupa raksasa zombie besar dan kuat. Dinamai berdasarkan kumpulan sajak tradisional asal Inggris yang dipublikasikan pada 1842 oleh James Orchard Halliwell.

Lama-kelamaan Solomon Grundy menjadi musuh terkemuka dan tangguh bagi tokoh-tokoh superhero DC seperti Superman dan Batman.

Asal-usul Solomon Grundy bermacam-macam mulai dari versi Earth-Two, Earth-One, Post-Crisis, Seven Soldiers of Victory, Infinite Crisis, The Tornado's Path, Blackest Night, Batman Beyond, dan The New 52.

Asal usul berdasarkan Earth-Two dan Blackest Night

Pada akhir abad 19 seorang saudagar kaya raya bernama Cyrus Gold dibunuh, tubuhnya disembunyikan di Slaughter Swamp, dekat Gotham City.

50 tahun kemudian, mayatnya di "dihidupkan" kembali, Cyrus Gold bangkit dari kematian dengan terhuyung-huyung karena bercampur dengan komposisi rawa yang berada di sekitar mayatnya lebih dari satu dekade tanpa ingatan masa lalu tentang kehidupan sebelumnya.

Cyrus Gold dibunuh oleh dua narapidana yang kabur dan bersembunyi di rawa, pakaiannya diambil. Cyrus Gold yang dihidupkan lagi ini dengan jalan yang terseok-seok datang ke tempat penampuangan gelandangan, ketika seseorang menanyakan namanya, Cyrus hanya bisa mengingat "born on a Monday". Salah satu gelandangan menyebut dirinya "Solomon Grundy" (yang terlahir hari Senin/Monday), sejak saat itu Cyrus mengadopsi nama pemberian gelandangan itu.

Kuat, ganas, dan hampir gila membuat Solomon Grundy masuk ke dalam dunia kriminal, hal ini menarik perhatian Green Lantern/Alan Scott. Grundy mampu membuktikan bahwa dirinya lawan yang kuat dan tidak bisa dibunuh karena dirinya memang sudah mati, selain itu Grundy kebal terhadap kekuatan Green Lantern yang mempunyai kelemahan terhadap kayu, hal ini disebabkan salah satu komponen yang membentuk badan Solomon Grundy adalah kayu.

Akhirnya Solomon Grundy berhasil membunuh Green Lantern sampai sinar hijau dari tubuh Alan Scott memancar, Solomon Grundy menyukai pancaran hijau tersebut dan berharap dengan melakukan banyak pembunuhan Solomon Grundy bisa melihat sinar hijau itu lagi.

Kekuatan Solomon Grundy

Solomon Grundy mempunyai kekuatan dan stamina super, setiap tahunnya kekuatannya bertambah, pada cerita Batman berjudul "Long Holloween" Grundy berhasil dikalahkan Batman, namun di lain cerita kekuatan Grundy sebanding dengan Superman.

Berkat "elemental energy" Grundy tidak bisa dihancurkan sehingga hampir kekal. Secara fisik dia kebal terhadap sihir dan serangan energi, panas atau dingin tidak mempengaruhi tubuhnya.

Solomon Grundy kebal terhadap kekuatan (original) Green Lantern/Alan Scott, dia gak perlu bernafas, tidur, dan makan, walaupun terkadang agak aneh ketika dicekik oleh Green Arrow dia sempat tersedak dan hampir tewas.

Grundy mempunyai faktor penyembuh. Dia sering kali dihancurkan dan kembali hidup cepat atau lambat dengan kekuatan dan kepribadian yang berbeda.

No comments:

Post a Comment