Sunday, May 6, 2012

Hulk Ruffalo

Horeee! Banner versi Ruffalo ternyata asyik! Mungkin itu karena dalam perannya Ruffalo tidak terlalu banyak membawa "beban psikologis" tokoh Banner yg harus diperankan oleh dua aktor sebelumnya yaitu Bana dan Norton....

Tulisan sotoy ini gak ngebahas logika cerita Avengers dilihat dari penonton yang kritis halah! Misalnya bagaimana bisa Hulk membedakan teman atau musuh? Apakah dalam pikiran Hulk masih ada sedikit sisa kepribadian Banner sehinga Hulk bisa memilah mana kawan mana lawan? Atau Hulk cuma bereaksi sama orang yang menurutnya gak asyik? Atau bagaimana? Bagaimana bisa anak panah Hawk Eye bisa bertahan begitu lama? Black Widow melawan alien dengan pistol? Kenapa gak pake gelangnya yg bisa mengeluarkan sengatan listrik 30.000 volt?

Sudahlah....Mari kita simak bawaan Banner oleh Ruffalo saja yuk....:P

Di film Hulk pertama 2003 (mengabaikan Hulk movie 80-an) jelas kita mau tidak mau terlibat dalam sisi emosional Banner/Bana dalam membangun karakter Hulk.

Ang Lee bagus dalam menyajikannya....Namun saat itu banyak yg berharap porsi aksi Hulk lebih banyak dari pada mengekspos pembangunan karakter Banner yang mengarah pada film drama....Film Hulk drama? No way!

Pembawaan Banner Edward Norton di film The Incredible Hulk 2008 masih terbebani oleh masalah Hulk yang ada dalam diri Banner yang diperankannya. Banner ingin menyingkirkannya, tapi usaha apapun selalu gagal.

Eric Bana/Hulk 2003
Akhirnya setelah melatih diri dengan berbagai metode, dari pada menyingkirkan sisi Hulknya Banner akhirnya mampu mengendalikan/berkompromi dengan sisi Hulk yang ada dalam dirinya....

Ini juga gak terlalu jelas dan masih bisa dipersepsi sebaliknya karena sosok Hulk sendiri merupakan satu karakter tersembunyi yang bisa mengambil alih kepribadian Banner, dalam komiknya kepribadian Hulk begitu kompleks melibatkan banyak tokoh, metode, dan cara untuk memisahkan atau menyatukan kepribadian yang secara fisik dan mental berbeda.

Akhirnya....Pembawaan Banner versi Ruffalo di film Avengers 2012....Benar2 enteng....Seperti orang yang bisa menerima dirinya apa adanya....Bisa "membawa diri", rendah hati tapi jangan coba-coba bermasalah dengannya....

Edward Norton/Hulk 2008
Karena kalau dia gugup, kesal, marah, atau apapun yang secara psikologis membuatnya gak nyaman....Segala macam yg ada di sekitarnya akan hancur!

Ini beda dengan Banner yang diperankan oleh Bixby yang terus menerus menekan sisi Hulk dalam dirinya....Selalu tidak nyaman dengan diri sendiri, berusaha untuk tetap tenang, dan jangan sampai ada orang mengacaukan dirinya.

Wajar jika membutuhkan tiga aktor berbeda dalam memerankan sosok Banner, karena Banner memang karakter yang unik, kompleks, dan rumit.

Jika diambil kesimpulan dari tokoh Banner di tiga film yang diperankan oleh tiga aktor berbeda, kita bisa melihat karakter yang ingin diwakili oleh tokoh Banner yaitu:

Bana: Bruce Banner yang mempunyai masalah pribadi karena ada sesuatu yang spesial yg gak semua orang dapat, dan berharap orang mengerti akan keadaan dirinya. Menjauhlah darinya jika gak pengen ada masalah.

Norton: Bruce Banner yang masih gak bisa menerima keadaan dirinya yg spesial dan berusaha untuk jadi normal seperti orang lain.

Ruffalo: Bruce Banner yang "dewasa" dah melewati tahap pencarian diri, bisa membawa dan mengendalikan diri, rendah hati, serta tidak terlalu terobsesi dengan masalahnya sendiri.

Mark Ruffalo/Hulk-Avengers 2012
Klo baca di internet banyak yang menyukai akting Ruffalo dalam membawakan Banner/Hulk di film Avengers, walaupun kemunculan Hulk lebih singkat dibandingkan dengan tokoh superhero lain, namun tetap mampu mencuri perhatian penonton.

Awalnya Marvel terlihat "enggan" untuk membuat film Hulk ke tiga, karena dua film Hulk sebelumnya tidak begitu sukses padahal telah melibatkan insan film yang oke! Akan tetapi setelah melihat respon penonton terhadap penampilan Banner/Hulk yang dibawakan oleh Ruffalo, Marvel mungkin akan membuat film Hulk kembali, rumor yang beredar sekarang film tsb direncanakan pada 2015, terlebih Ruffalo telah menandatangani kontrak enam film dengan Marvel.

Marvel telah banyak belajar dari dua film Hulk sebelumnya mereka ingin menangani Hulk dengan cara yang berbeda dari sebelumnya. Tapi sebelum melangkah ke situ yang jelas Marvel sepertinya akan membuat lanjutan dari Avengers yang melibatkan banyak tokoh termasuk Hulk.

Eksplorasi Hulk

Savage Hulk
Film Hulk sangat berpotensi untuk dikembangkan, ketika dua film sebelumnya dikenalkan dengan Hulk yang pada umumya dikenal orang/Savage Hulk....Kemungkinan untuk mengeksplorasi Hulk lebih jauh sangat memungkinkan. Berikut beberapa dari sekian ratus kepribadian Hulk berdasarkan komiknya:

Grey Hulk
The "Savage" Hulk: Hulk yang paling dikenal, tingkat intelektual
dan rasa penasarannya seperti anak-anak. Hulk tipe ini cenderung menginginkan persahabatan dan kasih sayang, sangat rentan marah dan berbuat kasar. Savage Hulk sering gak sadar bahwa dirinya adalah Bruce banner, malahan dia melihatnya sebagai kepribadian yang berbeda dan sebagai musuh. Hulk ini sangat kuat.

Joe Fixit: Atau lebih dikenal dengan Gray hulk, mempunyai kepribadian, tingkat intelektual, dan pengetahuan lebih sedikit dari Bruce Banner, akan tetapi Joe fixit cukup pandai dan terampil. Motivasinya cuma berdasarkan keegoisan dan hasratnya saja, cenderung kasar dan berbahaya. Tinggi dan kekuatannya lebih rendah dibandingkan dengan Savage Hulk.

Merge/Smart Hulk
The "Professor" Hulk, atau "Merge Hulk": Hulk ini secerdas Bruce Banner, sekuat Savage Hulk, mempunyai emosi normal, akan tetapi masih mempunyai kecenderungan untuk bertindak kasar. Walaupun dia lebih tinggi dan lebar/besar dari Savage Hulk, kekuatannya tidak bertambah kuat ketika marah seperti halnya Savage Hulk.

Mindless Hulk
"Mindless" Hulk: Muncul ketika kepribadian Bruce Banner yang mempengaruhi Hulk benar-benar dihilangkan. Penampilannya lebih buas, kecerdasannya mirip manusia pimitif, tetapi masih mampu memperlihatkan emosi yang rumit seperti kasih sayang dan persahabatan.

The "Devil" Hulk: Hulk ini begitu jahat dan merusak, sisi Hulk ini berada jauh di alam sadar Bruce Banner, akan tetapi terus berusaha keluar dan mengambil alih Hulk. Suatu saat dia mampu mematahkan rantai yang membelenggunya, hal ini memperbesar kemungkinan terwujudnya "Devil" Hulk dalam bentuk fisik. Dari berbagai sumber.   www.incredible-hulk-library.com
 
Devil Hulk
 

No comments:

Post a Comment