Monday, February 11, 2013

Figurine: Kecil-kecil Cabe Rawit

Ochmaigod! Mainan yang sebelumnya disangka gurem ternyata mainan berlisensi loh! Di Indonesia (baca: Bandung) produk ini beredar sebagai mainan bootleg. Dijualnya juga random sporadis di mana-mana.

Memang gak semua produsen mainan mampu mengadakan promosi besar-besaran seperti halnya hasbro, toybiz (alm.), mattel, dsb pada event-event besar seperti launching film atau SDCC.

Sangat disayangkan *menghela nafas* sebenarnya produsen ini pegang lisensi sebuah produk *ehmmm* "bergengsi" namun produknya kurang dikenal publik karena kurang/gak promosi.

Memang, dilihat dari sisi desainnya produk-produk tersebut bukan sebagai ujung tombak pemasaran, hanya sekadar memenuhi selera pasar saja.

Contohnya figurine Hulk dengan tinggi 7 cm ini, hampir di banyak toko mainan/gift shop ada. Harganya pun bervariasi, mainan ini lolos dari mata konsumen karena promosinya yang kurang.

Wujudnya kurang representatif, sculptnya gak detail, tidak berartikulasi, paint job datar, ukurannya pun kecil. Kalau diibaratkan makanan figure tersebut seperti gorengan, bukan makanan jenis Pizza ato semacamnya yang wuenaaaak banget sekaligus mengenyangkan.

Figurine Hulk setinggi 7 cm ini beredar di Bandung secara sporadis, 
tanpa kemasan, dan kadang-kadang tanpa base. Figurine yang penulis sangka 
gurem ini ternyata produksi Grani and Partners, perusahaan mainan asal 
Hongkong yang diberi hak pembuatannya oleh Marvel. Atas: gambar resmi
dari produsen, bawah: foto yang diambil oleh penulis. 
Jadi bukan mainan "utama" dari produk-produk yang akan dijual oleh produsen, melainkan hanya bagian dari "gimmick" ato "merchandise".

Klo mikir distribusi lieur, karena barang-barang tersebut belom tentu masuk Indonesia melalui retail resmi. Blom lagi regulasi dari pemerintah, banyak yang mesti dibahas.

Ya…Mesti bersyukur deh barang-barang tersebut masuk secara "sporadis" yang penting ada hehehe…Walaupun memang agak "ngek" juga sih karena melibatkan faktor keberuntungan atau hoki *sigh*

No comments:

Post a Comment